Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:36:32ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-18T01:26:37Z2019-10-01T11:50:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36560This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/365602016-07-18T01:26:37ZLAPORAN PPL
LOKASI
DI SD NEGERI TLOGOADI
Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman, YogyakartaProgram Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta
semester khusus 2015, merupakan kegiatan terpadu sehingga pelaksanaannya saling
terintegrasi dan saling mendukung satu dengan yang lainnya. Tujuan yang ingin
dicapai kedua program terpadu tersebut adalah mengembangkan kompetensi
mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan dan merupakan
penerapan ilmu yang didapat dari bangku perkuliahan maupun diluar perkuliahan,
sehingga mampu mengembangkan potensi masyarakat lingkungan sekolah.
Kegiatan PPL dilaksanakan di SD Negeri Tlogoadi yang beralamat di Getas,
Tlogoadi, Mlati, Sleman dengan jumlah mahasiswa 4 orang. Kegiatan PPL di SD
Negeri Tlogoadi dilaksanakan satu bulan yaitu mulai tanggal 10 Agustus 2015
sampai 12 September 2015. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 13 Agustus 2015
sampai dengan 05 September 2015, dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan praktek di
kelas I, III, IV, V, dan VI. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi Gerak Dasar
Atletik (Jalan, Lari dan Lompat), Gerak Dasar Melempar dan Mengangkap,
Permainan Bola Kecil (Kasti), Permainan Bola Besar (Basket), Gerak Dasar
Melempar, Menangkap dan Menendang.
Hasil dari pelaksanaan PPL adalah pengetahuan terpadu dengan
mengaplikasikan teori dan praktik disekolah. Selain harus mampu melaksanakan
praktik mengajar dan mengelola administrasi kelengkapan guru, mahasiswa juga
dituntut untuk memiliki kompetensi personal maupun sosial. Dalam praktik PPL,
mahasiswa dituntut untuk selalu berinovasi terhadap pembelajaran, serta memadukan
pembelajaran dengan pendidikan karakter. Banyak sekali pengalaman yang
bermanfaat selama PPL, tetapi karakter sebagai guru belum dapat saya ciptakan
karena minimnya pengalaman mengajar dan pertama kalinya berhadapan dengan
siswa secara langsung. Pengalaman yang diperoleh tersebut sangat berguna bagi
mahasiswa sebagai calon guru. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan
dan pembelajaran mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta
untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada
sekolah tersebut. Dalam melaksanakan kegiatan PPL, penyusun berusaha sebaik
mungkin dalam menjalankan tugas dan berusaha menjalin kerjasama dengan semua
pihak yang terkait demi kelancaran proses PPL tersebut.Ninda Nurmalia Ninda Nurmalia