Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:20:16ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-06T03:47:43Z2019-01-29T19:41:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14349This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/143492015-04-06T03:47:43ZIMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR SLEMANKeterampilan proses penting dalam suatu pembelajaran karena memberikan kesempatan siswa dalam proses penemuan suatu konsep IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi keterampilan proses pada pembelajaran IPA di kelas IVC SD Muhammadiyah Condongcatur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek guru dan siswa dalam pembelajaran IPA. Data perencanaan implementasi keterampilan proses dikumpulkan melalui dokumentasi berupa RPP, data
pelaksanaan implementasi keterampilan proses dikumpulkan melalui observasi dan wawancara guru serta siswa, data kemampuan keterampilan proses siswa dikumpulkan melalui observasi siswa, serta data faktor-faktor mempengaruhi
dikumpulkan melalui hasil wawancara dan observasi guru serta siswa. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan uji kredibilitas berupa trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan perencanaan dalam melatihkan keterampilan proses melalui: memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan keterampilan proses berupa mengamati, mengkomunikasikan
dan menyimpulkan, menyiapkan teknik yang luwes dalam proses pembelajaran, memberikan kesempatan siswa untuk berdiskusi, dan mengadakan review bersama siswa dari kegiatan yang dilakukan. Pelaksanaan pembelajaran dalam melatihkan
keterampilan proses kepada siswa oleh guru yaitu : 1) memberikan kesempatan siswa untuk menggunakan keterampilan proses berupa mengamati, mengkomunikasikan, menyimpulkan, mengklasifikasi dan memprediksi 2) menggunakan teknik yang luwes dalam proses pembelajaran, dan 3) memberikan
kesempatan siswa untuk berdiskusi. Keterampilan proses yang ditunjukan siswa berupa mengamati, mengkomunikasikan, menyimpulkan, mengklasifikasi dan memprediksi. Faktor pendukung pembelajaran dalam implementasi keterampilan
proses yaitu: (a) guru mempunyai pemahaman yang baik tentang keterampilan proses, (b) siswa yang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan (c) kurikulum yang mengacu pada pengembangan keterampilan proses. Untuk faktor
penghambat yaitu: (a) kurangnya kemampuan guru dalam mengorganisir kegiatan terutama kegiatan percobaan, (b) sifat siswa yang berbeda-beda seperti siswa yang kurang aktif atau terlalu aktif, dan (c) ketersediaan sarana dan prasarana untuk praktek yang belum mencukupi.
Kata kunci: keterampilan proses IPARahayu Nina