Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:41:45ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-30T01:42:26Z2019-01-30T00:21:31Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22010This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/220102015-06-30T01:42:26ZHUBUNGAN TINGKAT KETERAMPILAN TIK DENGAN
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN
E-LEARNING PADA PROGRAM STUDI S1 PGSD
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGAABSTRAK
HUBUNGAN TINGKAT KETERAMPILAN TIK DENGAN
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN
E-LEARNING PADA PROGRAM STUDI S1 PGSD
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGA
Oleh:
Nila Prawitasari Kristyaningrum
NIM 07520241032
Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah
mencari hubungan antara tingkat keterampilan TIK dengan persepsi mahasiswa
terhadap penggunaan E-learning, mencari hubungan antara persepsi mahasiswa
terhadap penggunaan E-learning dengan hasil belajar mahasiswa. Dan mencari
hubungan tingkat keterampilan TIK dengan hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan
permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan
tingkat keterampilan TIK mahasiswa Program studi S1 PGSD UKSW, 2)
Mendeskripsikan persepsi mahasiswa Program studi S1 PGSD UKSW terhadap
penggunaan e-learning, 3) Mendeskripsikan hubungan antara tingkat ketrampilan
TIK dengan persepsi mahasiswa Program studi S1 PGSD UKSW terhadap
penggunaan e-learning, 4) Mendeskripsikan hubungan antara persepsi mahasiswa
terhadap penggunaan E-learning dengan hasil belajar dan 5) Mendeskripsikan
hubungan antara tingkat ketrampilan TIK terhadap dengan hasil belajar
mahasiswa.
Desain penelitian ini adalah penelitian korelasional, yang mencari
hubungan antara tingkat keterampilan TIK dengan persepsi mahasiswa terhadap
penggunaan E-learning, persepsi dengan hasil belajar, dan keterampilan TIK
dengan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa progam S1 PGSD
FIKP UKSW peserta perkuliahan yang diselenggarakan dengan E-learning.
Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik yang
digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket. Analisis
data dilakukan dalam 2 tahapan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis
statistik korelasi dengan menggunakan Kendal Tau. Berdasar hasil analisis
statistik korelasi dilakukan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara tingkat keterampilan TIK dengan persepsi mahasiswa terhadap
penggunaan E-learning. Tetapi tidak terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap penggunaan E-learning dengan
hasil belajar. Terdapat hubungan yang positif signifikan antara keterampilan TIK
dengan hasil belajar mahasiswa.Prawitasari Kristyaningrum Nila2015-06-17T07:00:07Z2019-01-29T23:42:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20846This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/208462015-06-17T07:00:07ZHUBUNGAN TINGKAT KETERAMPILAN TIK DENGAN
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN
E-LEARNING PADA PROGRAM STUDI S1 PGSD
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGAABSTRAK
HUBUNGAN TINGKAT KETERAMPILAN TIK DENGAN
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN
E-LEARNING PADA PROGRAM STUDI S1 PGSD
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGA
Oleh:
Nila Prawitasari Kristyaningrum
NIM 07520241032
Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah
mencari hubungan antara tingkat keterampilan TIK dengan persepsi mahasiswa
terhadap penggunaan E-learning, mencari hubungan antara persepsi mahasiswa
terhadap penggunaan E-learning dengan hasil belajar mahasiswa. Dan mencari
hubungan tingkat keterampilan TIK dengan hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan
permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan
tingkat keterampilan TIK mahasiswa Program studi S1 PGSD UKSW, 2)
Mendeskripsikan persepsi mahasiswa Program studi S1 PGSD UKSW terhadap
penggunaan e-learning, 3) Mendeskripsikan hubungan antara tingkat ketrampilan
TIK dengan persepsi mahasiswa Program studi S1 PGSD UKSW terhadap
penggunaan e-learning, 4) Mendeskripsikan hubungan antara persepsi mahasiswa
terhadap penggunaan E-learning dengan hasil belajar dan 5) Mendeskripsikan
hubungan antara tingkat ketrampilan TIK terhadap dengan hasil belajar
mahasiswa.
Desain penelitian ini adalah penelitian korelasional, yang mencari
hubungan antara tingkat keterampilan TIK dengan persepsi mahasiswa terhadap
penggunaan E-learning, persepsi dengan hasil belajar, dan keterampilan TIK
dengan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa progam S1 PGSD
FIKP UKSW peserta perkuliahan yang diselenggarakan dengan E-learning.
Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik yang
digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket. Analisis
data dilakukan dalam 2 tahapan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis
statistik korelasi dengan menggunakan Kendal Tau. Berdasar hasil analisis
statistik korelasi dilakukan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara tingkat keterampilan TIK dengan persepsi mahasiswa terhadap
penggunaan E-learning. Tetapi tidak terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap penggunaan E-learning dengan
hasil belajar. Terdapat hubungan yang positif signifikan antara keterampilan TIK
dengan hasil belajar mahasiswa.Prawitasari Kristyaningrum Nila