Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:37:49ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-18T01:19:50Z2019-01-29T18:06:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9427This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/94272012-12-18T01:19:50ZPERSEPSI GURU PEMBIMBING TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA PRAKTIK PPL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan persepsi guru pembimbing terhadap keterampilan mahasiswa praktik PPL dalam pelaksanaan proses pembelajaran di SMK PIRI 1 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Mahasiswa dalam upaya menyiapkan diri sebagai calon guru yang profesional harus menguasai berbagai macam keterampilan dalam melaksanakan proses pembelajaran yaitu keterampilan membuka pelajaran, keterampilan menguasai materi, keterampilan menyampaikan materi, keterampilan pengelolaan kelas, keterampilan menutup pelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup yang diisi oleh responden yaitu seluruh guru pembimbing di SMK PIRI 1 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 26 guru pembimbing. Untuk pengujian validitas instrumen menggunakan korelasi product moment, dan untuk pengujian reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan untuk penggolongan kecenderungan dibedakan menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Pengolahan data menggunakan bantuan program SPSS 17 for windows.
Hasil penelitian ini persepsi guru pembimbing terhadap pelaksanaan proses pembelajaran mahasiswa praktik PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 termasuk dalam kategori sedang dengan total persentase dalam kategori tinggi dan kategori sedang 73,08% yang meliputi keterampilan membuka pelajaran dengan total persentase dalam kategori tinggi dan kategori sedang sebesar 76,92%, keterampilan menguasai materi dengan total persentase dalam kategori tinggi dan kategori sedang 61,54%, keterampilan menyampaikan materi dengan total persentase dalam kategori tinggi dan kategori sedang 69,23%, keterampilan pengelolaan kelas dengan total persentase dalam kategori tinggi dan kategori sedang 73,08%, dan keterampilan menutup pelajaran dengan total persentase dalam kategori tinggi dan kategori sedang 73,08%, sedangkan sebanyak 26,92% termasuk dalam kategori rendah hal ini dikarenakan mahasiswa praktik belum memiliki pengalaman mengajar dan kurang menguasai komponen-komponen dalam pelaksanaan pembelajaran terutama dalam kemampuan menguasai dan menyampaikan materi sehingga interaksi dengan peserta didik belum maksimal.
Larasati Niken Ayu 2012-11-27T01:31:29Z2019-01-29T17:08:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7639This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76392012-11-27T01:31:29ZPERSEPSI GURU PEMBIMBING TERHADAP PROSES
PEMBELAJARAN MAHASISWA PRAKTIK PPL UNIVERSITAS
NEGERI YOGYAKARTA DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2012/2013This study aims to describe perception of tutor to student skills practice
in the implementation of the learning process PPL SMK Piri 1 Yogyakarta in the
academic year 2012/2013. Students in an effort to prepare myself as a
professional teacher candidates must master a variety of skills to carry out the
process of learning the skills of open learning, skills to master the material, skills
of presenting the material, classroom management skills, closing skills lessons.
This study uses a descriptive research with quantitative approach. The
data collection technique using a questionnaire filled out by the respondents
covered the entire guidance counselor at SMK Piri 1 Yogyakarta academic year
2012/2013 were 26 teacher mentors. To test the validity of the instrument using
the product moment correlation, and for testing the reliability of the instrument
using Cronbach alpha. The data analysis technique used is descriptive and
statistical techniques for tendency classification is divided into three categories:
high, medium, and low. Processing data using SPSS 17 for windows.
The results of this study tutor perceptions on the implementation of
learning practices of students PPL Yogyakarta State University academic year
2012/2013 are included in the category with the total percentage in the high
category and the category was 73.08% which includes skills lesson opens with a
total percentage in the high category and category at 76.92%, the skill to master
the material with a total percentage in the high category and the category was
61.54%, the skill deliver material with a total percentage in the high category and
the category was 69.23%, classroom management skills with the total percentage
of the category high and medium category, 73.08%, and closing skills with a total
percentage of subjects in the high category and the category was 73.08%, while
26.92% as included in the category of low-this is because the students do not have
experience teaching practices and lack of control of components -components in
the implementation of learning, especially in the ability to master and deliver the
material so that the interaction with the students is not maximized.Larasati Niken Ayu