Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:58:50ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-17T06:53:14Z2019-01-29T23:42:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20844This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/208442015-06-17T06:53:14ZPERSEPSI GURU PEMBIMBING TERHADAP PROSES
PEMBELAJARAN MAHASISWA PRAKTIK PPL UNIVERSITAS
NEGERI YOGYAKARTA DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2012/2013PERSEPSI GURU PEMBIMBING TERHADAP PROSES
PEMBELAJARAN MAHASISWA PRAKTIK PPL UNIVERSITAS
NEGERI YOGYAKARTA DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2012/2013
Oleh:
Niken Ayu Larasati
10502247004
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan persepsi guru pembimbing
terhadap keterampilan mahasiswa praktik PPL dalam pelaksanaan proses
pembelajaran di SMK PIRI 1 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Mahasiswa
dalam upaya menyiapkan diri sebagai calon guru yang profesional harus
menguasai berbagai macam keterampilan dalam melaksanakan proses
pembelajaran yaitu keterampilan membuka pelajaran, keterampilan menguasai
materi, keterampilan menyampaikan materi, keterampilan pengelolaan kelas,
keterampilan menutup pelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner
tertutup yang diisi oleh responden yaitu seluruh guru pembimbing di SMK PIRI 1
Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 26 guru pembimbing. Untuk
pengujian validitas instrumen menggunakan korelasi product moment, dan untuk
pengujian reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis
data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan untuk penggolongan
kecenderungan dibedakan menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah.
Pengolahan data menggunakan bantuan program SPSS 17 for windows.
Hasil penelitian ini persepsi guru pembimbing terhadap pelaksanaan
proses pembelajaran mahasiswa praktik PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun
ajaran 2012/2013 termasuk dalam kategori sedang dengan total persentase dalam
kategori tinggi dan kategori sedang 73,08% yang meliputi keterampilan membuka
pelajaran dengan total persentase dalam kategori tinggi dan kategori sedang
sebesar 76,92%, keterampilan menguasai materi dengan total persentase dalam
kategori tinggi dan kategori sedang 61,54%, keterampilan menyampaikan materi
dengan total persentase dalam kategori tinggi dan kategori sedang 69,23%,
keterampilan pengelolaan kelas dengan total persentase dalam kategori tinggi dan
kategori sedang 73,08%, dan keterampilan menutup pelajaran dengan total
persentase dalam kategori tinggi dan kategori sedang 73,08%, sedangkan
sebanyak 26,92% termasuk dalam kategori rendah hal ini dikarenakan mahasiswa
praktik belum memiliki pengalaman mengajar dan kurang menguasai komponenkomponen
dalam pelaksanaan pembelajaran terutama dalam kemampuan
menguasai dan menyampaikan materi sehingga interaksi dengan peserta didik
belum maksimal.Ayu Larasati Niken