Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:48:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-17T01:03:02Z2019-01-29T23:40:11Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20778This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/207782015-06-17T01:03:02ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS
GAME SEBAGAI PENDUKUNG MATA PELAJARAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
MATERI OPERASI DASAR KOMPUTER
MENGGUNAKAN ADOBE FLASHPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS
GAME SEBAGAI PENDUKUNG MATA PELAJARAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
MATERI OPERASI DASAR KOMPUTER
MENGGUNAKAN ADOBE FLASH
Oleh
Nike Dwi Noviani
NIM. 08520244050
ABSTRAK
Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Membuat game sebagai media
pembelajaran TIK menggunakan Adobe Flash, dan (2) Menguji tingkat kelayakan
media pembelajaran berbasis game Mata Pelajaran TIK Materi Operasi Dasar
Komputer yang dibuat menggunakan software Adobe Flash CS3.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan
pengembangan (Research and Development) yang menggunakan tahapan penelitian
(1) Analisis Kebutuhan, (2) Desain, (3) Implementasi, (4) Validasi Desain , (5) Revisi
Desain, (6) Ujicoba Produk, (7) Revisi Produk, dan (8) Produk Akhir. Objek
penelitian berupa Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Sebagai
Pendukung Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Materi
Operasi Dasar Komputer Menggunakan Adobe Flash. Subjek penelitian adalah siswa
kelas X MAN Yogyakarta II sebanyak 50 siswa. Pengujian penelitian menggunakan
ahli media dan ahli materi serta siswa kelas X MAN Yogyakarta II sebagai
responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Perolehan data diolah
dengan analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat kelayakan game ini.
Hasil analisis data menunjukkan tingkat kelayakan oleh ahli media sebesar
80,95% yang termasuk kategori sangat layak, ahli materi sebesar 78% yang
dikategorikan sangat layak dan siswa sebagai pengguna sebesar 75,14% yang
dikategorikan sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Sebagai Pendukung Mata
Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Materi Operasi Dasar
Komputer Menggunakan Adobe Flash sudah sangat layak sebagai media
pembelajaran.
Kata kunci : media pembelajaran, game, TIK kelas X.Dwi Noviani Nike Dwi Noviani