Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:27:22ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-04T08:00:12Z2019-01-29T18:17:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9741This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/97412013-02-04T08:00:12ZPENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI
SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF
IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MAKAM
REMBANG PURBALINGGAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan
lingkungan alam sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa
kelas IV SD Negeri 1 Makam Rembang Purbalingga.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi, dengan variabel
terikat hasil belajar kognitif IPA dan variabel bebas pemanfaatan lingkungan alam
sebagai sumber belajar. Desain penelitiannya yaitu Nonrandomized Pre test-Post
test Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri
1 Makam Rembang Purbalingga yang berjumlah 43 yang terdiri dari 2 kelas.
Kelas IVA berjumlah 21 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas IVB
berjumlah 22 siswa sebagai kelompok eksperimen. Objek penelitian berupa hasil
belajar kognitif IPA dengan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber
belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes
hasil belajar. Teknik analisis data berupa 3 tahap yaitu tahap deskripsi data, tahap
uji prasyarat analisis, dan tahap pengujian hipotesis. Tahap deskripsi data meliputi
distribusi data hasil belajar siswa, tahap uji prasyarat analisis meliputi uji
normalitas dan uji homogenitas, sedangkan tahap pengujian hipotesis meliputi uji
t, yaitu dengan melihat perbedaan hasil belajar kognitif IPA pada kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol pada taraf signifikansi 5% (alpha 0,05).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar
kognitif IPA antara kelompok yang memanfaatkan lingkungan alam sebagai
sumber belajar dengan kelompok yang menggunakan buku cetak sebagai sumber
belajar. Kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata pre test 67,82 dan rata-rata
post test 82,73. Pada kelompok kontrol rata-rata pre test 65,90 dan rata-rata post
test 77,33. Dengan demikian kelompok eksperimen mengalami peningkatan
sebesar 14,91, sedangkan kelompok kontrol mengalami peningkatan yang lebih
kecil yaitu sebesar 11,43. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig 0,046 <
0,05, maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan alam sebagai
sumber belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar
kognitif IPA siswa kelas IV SD N 1 Makam Rembang Purbalingga.
Kata Kunci: Pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar, hasil belajar
kognitif IPA.Setiyani Neni