Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:16:32ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-17T08:49:37Z2019-01-30T12:50:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45898This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/458982017-01-17T08:49:37ZPerbedaan Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains
antara Peserta Didik yang Mengikuti Pembelajaran melalui Metode
Demonstrasi Dengan Metode Eksperimen pada Materi Pengukuran Besaran
Panjang, Massa dan WaktuPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan peningkatan
pemahaman konsep dan keterampilan proses sains antara peserta didik yang
mengikut pembelajaran melalui metode demonstrasi dengan metode eksperimen
pada materi pengukuran besaran panjang, massa dan waktu, (2) mengetahui metode
pembelajaran yang lebih efektif dalam proses pembelajaran fisika di sekolah
menengah, antara metode demonstrasi dan metode eksperimen pada materi
pengukuran besaran panjang, massa dan waktu.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest
control group. Sampel pada penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas X MIA-2
sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan metode pembelajaran eksperimen
dan 28 peserta didik kelas X MIA-4 sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan
metode pembelajaran demonstrasi. Pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan pemahaman
konsep peserta didik pada materi pengukuran besaran panjang, massa dan waktu.
Lembar observasi keterampilan proses sains peserta didik digunakan untuk
mengetahui keterampilan proses sains yang dimiliki setiap peserta didik. Analisis
data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat
analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis
dalam penelitian ini adalah uji statistik analisis Multivariate Analysis of Variance
(manova).
Berdasarkan hasil uji statistik Multivariate Analysis of Variance pada nilai
posttest, diketahui bahwa nilai F untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling
Trace, Roy’s Largest Root memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05, artinya
harga F untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root
semuanya signifikan. Maka dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan pada keterampilan proses sains peserta didik antara kedua kelas
eksperimen. Selanjutnya test of between-subjects effects menunjukkan bahwa
hubungan metode pembelajaran dengan pemahaman konsep memiliki nilai F
sebesar 0,188 dengan signifikansi 0,666, berarti bahwa tidak terdapat perbedaan
pemahaman konsep antara kedua kelas yang menggunakan metode pembelajaran
berbeda.
Kata kunci: pemahaman konsep, keterampilan proses sains, metode eksperimen,
metode demonstrasi.Ignasius Marvinus NdrahaSukardiyono Sukardiyono