Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:46:28ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-30T03:09:49Z2019-01-30T15:02:58Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52618This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/526182017-08-30T03:09:49ZPENGARUH PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS II KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATENPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif pendekatan lingkungan alam sekitar terhadap prestasi belajar kognitif IPA siswa kelas IV SD se-Gugus II Kecamatan Prambanan kabupaten Klaten. Lingkungan sekitar memnyediakan segala fasilitas yang ada sebagai sumber belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini yaitu quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 4-21 April 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus II Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan prestasi belajar kognitif IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan t-test prestasi belajar. Nilai thitung = 2,511 > ttabel = 2,064, sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang ada adalah signifikan. Pembelajaran dengan pendekatan lingkungan alam sekitar membuat siswa aktif mengikuti pembelajaran sehingga prestasi belajar kognitif IPA siswa tercapai optimal.
Kata kunci: IPA, Pendekatan lingkungan alam sekitar, prestasi belajar.Sri Nurisa Ndaruwiyati