Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:07:40ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-11T02:05:54Z2019-01-29T18:21:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9884This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/98842013-02-11T02:05:54ZMENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN
MEDIA VIDEO BAGI SISWA KELAS V DI SD NEGERI
KALINEGORO 6 MERTOYUDAN MAGELANG
JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2011/2012Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui
penggunaan media video pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi siswa
kelas V SD Negeri Kalinegoro 6 Tahun Ajaran 2011/2012.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam
dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri
Kalinegoro 6 yang berjumlah 23 anak, yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 11
siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui
pengamatan, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa
lembar observasi dan soal tes. Sebelum digunakan dalam penelitian, tes divalidasi
secara empirik dan expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang berkaitan dengan observasi
dan dokumentasi dianalisis secara kualitatif sedangkan data dari hasil tes
dianalisis secara kuantitatif persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media video dalam
pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Peningkatan tersebut
dibuktikan dengan hasil tes pra tindakan ada 10 siswa atau 43% dari seluruh siswa
yang mendapat nilai ≥ 60. Setelah dilakukan tindakan dengan media video di
siklus I, hasil tes pada siklus I ada 21 siswa atau 91% dari seluruh siswa yang
mendapat nilai ≥ 60. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan dengan
memvariasi media video di siklus II dengan memberi jeda (pause) dan guru
memberi penjelasan saat video dijeda (pause) pada siklus II, dapat meningkatkan
hasil belajar IPS siswa, ditandai ada 22 siswa atau 95,65% dari seluruh siswa yang
mendapat nilai ≥ 60. Nilai rata-rata hasil tes meningkat, pada siklus I yaitu 68,69
sedangkan pada siklus II yaitu 77,40.
Kata Kunci: hasil belajar, media video, IPSMulatsih Nastiti Sri