Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:51:44ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-07T04:46:38Z2019-01-30T11:15:29Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42106This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/421062016-10-07T04:46:38ZHUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN
PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP CARA MENGAJAR GURU
DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X
SEMESTER I SMA/MA SE-KABUPATEN KEBUMEN
TAHUN AJARAN 2015/2016Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara tingkat
pendidikan orang tua dengan prestasi belajar kimia, (2) hubungan antara persepsi
peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia, dan (3)
hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dan persepsi peserta didik terhadap
cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA/MA seKabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini
sebanyak 4020 peserta didik, dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 391
peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Uji
persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji
yang digunakan untuk mengetahui tujuan pertama dan kedua adalah uji regresi
linear satu prediktor, sedangkan untuk mengetahui tujuan ketiga adalah uji regresi
linear dua prediktor dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan
menggunakan SPSS didapatkan harga p pada pengujian tujuan pertama adalah p =
0,407 (p > 0,05), pengujian tujuan kedua adalah p = 0,000 (p < 0,05), dan
pengujian tujuan ketiga adalah p = 0,000 (p < 0,05). Sumbangan efektif tingkat
pendidikan orang tua dan persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru
terhadap prestasi belajar kimia secara bersama-sama sebesar 7,5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tidak terdapat hubungan yang
signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar kimia, (2)
terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi peserta didik terhadap cara
mengajar guru dengan prestasi belajar kimia, dan (3) terdapat hubungan yang
signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan persepsi peserta didik terhadap
cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimiaArum Kanthi Nastiti