Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:36:28ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-30T02:10:22Z2019-10-01T11:50:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33413This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/334132016-05-30T02:10:22ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI SMK NEGERI 4 KLATEN
Jalan Mataram no. 5, Belangwetan, Klaten Utara, KlatenPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan
mahasiswa pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 merupakan wahana
bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal
pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar
memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar.
Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk
mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah
satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada
semester khusus tahun 2015 ini adalah di SMK Negeri 4 Klaten. Kelompok
PPL di lokasi tersebut terdiri dari 12 mahasiswa, 2 Program Studi Pendidikan
Teknik Komputer Jaringan, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Rekreasi, 5 Program Studi Administrasi Perkantoran, dan 3
Program Studi Akuntansi.
Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 24 Agustus – 11
September, sebanyak 1 pertemuan di kelas X AK 1,2 dan 3. Mata
pelajaran yang diajarkan adalah Entry Data. Metode yang digunakan dalam
pembelajaran adalah ceramah, Tanya jawab, Reciprocal Teaching (diskusi
dengan cara berpasangan). Media yang digunakan adalah MS Powerpoint,
modul, laptop dan whiteboard, spidol dan penghapus.
Secara umum, program-program PPL yang telah
direncanakan berjalan dengan baik. Hasil dari program PPL ialah mengajar di
kelas X AK1, 2, dan 3 dengan mengampu mata pelajaran spreadsheet. Jumlah
tatap muka selama PPL adalah 1x tiap kelas karena sudah sesuai dengan
kebijakan sekolah. Akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatanhambatan.
Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah para siswa yang
belum memiliki modul/lks. Untuk mengatasi hambatan tersebut mahasiswa
PPL memfotocopy kan materi Entry Data untuk peserta didik.Naomi Fahma Naomi Fahma