Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:07:49ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-10T07:48:18Z2019-10-01T12:03:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39394This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/393942016-08-10T07:48:18ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
LOKASI:
SD NEGERI PAKEM 1
TEGALSARI PAKEMBINANGUN PAKEM SLEMANTujuan dari kegiatan PPL adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa
dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan
empat kompetensi yang harus dimiliki guru, yaitu kompetensi pedagogik,
kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi pribadi serta memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati
permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran. Pelaksanaan
kegiatan PPL dapat meningkatkan sepuluh keterampilan dasar mengajar yang dapat
mendukung terbentuknya guru profesional.
Adapun program kegiatan PPL yang dilaksanakan di SD Negeri Pakem 1
adalah mengajar tematik yang dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli sampai 17
September 2014. Langkah yang dilakukan dalam kegiatan PPL yaitu mahasiswa
melakukan observasi pembelajaran di kelas, konsultasi kepada guru kelas, membuat
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta menyiapkan media yang sesuai
dengan bahan ajar dan karakteristik siswa. Praktik mengajar dilaksanakan di kelas
rendah dan kelas tinggi, yakni kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Pembelajaran di kelas 1, 2, 4,
dan 5 menggunakan kurikulum 2014. Sedangkan kelas 3 dan 6 menggunakan
kurikulum KTSP 2006. Pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari 8 kali praktik mengajar
terbimbing, 2 kali praktik mengajar mandiri dan 2 kali ujian praktik mengajar.
SD N Pakem 1 pada tahun ajaran 2014/ 2015 mulai menerapkan kurikulum
2013, sehingga pada kesempatan ini selain mahasiswa dapat menimba ilmu di
sekolah, mahasiswa juga dapat berbagi ilmu kepada guru kelas mengenai
pelaksanaan pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Selain itu mahasiswa dapat
meningkatkan kemampuan mengelola kelas dan kemampuan melakukan variasi
langkah pembelajaran apabila kondisi kelas tidak sesuai dengan yang direncanakan
pada RPP.Nanik Haryati Nanik Haryati