Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:46:22ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-05T00:35:32Z2019-01-29T18:17:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9745This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/97452013-02-05T00:35:32ZPENGARUH INTENSITAS PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI
BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IV
SD SE GUGUS ONTOSENO BAGELEN PURWOREJOPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas perhatian orang
tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas IV SD se
Gugus Ontoseno Bagelen Purworejo tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang menyatakan hubungan sebab
akibat dengan variabel terikat prestasi belajar dan variabel bebasnya adalah
intensitas perhatian orang tua dan motivasi belajar. Responden penelitian ini
adalah siswa kelas IV SD se Gugus Ontoseno Bagelen Purworejo, berjumlah 85
siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan bukti
dokumenter nilai ulangan semester gasal siswa kelas IV SD se Gugus Ontoseno
Bagelen Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Sebelum angket digunakan dilakukan
pengujian validitas yaitu uji korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas
menggunakan alpha. Untuk variabel intensitas perhatian orang tua diperoleh 31
item yang sahih dan 9 item yang gugur dengan koefisien reliabilitas 0,946.
Sedangkan variabel motivasi belajar diperoleh 30 item yang sahih dan 10 item
yang gugur dengan koefisien reliabilitas 0,926. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis korelasi regresi ganda.
Untuk hasil penelitian data intensitas perhatian orang tua tingkat kategori
tinggi memiliki frekuensi paling banyak, sedangkan untuk data motivasi belajar
frekuensi paling banyak berada pada tingkat kategori sedang. Rata-rata prestasi
belajar siswa 70,81 termasuk dalam kategori kurang. Berdasarkan hasil analisis
regrsi sederhana X1 terhadap Y, diketahui Fhitung 16,229 lebih besar dari Ftabel 3,96
(Fh > Ft) maka X1 terhadap Y signifikan. Berdasarkan hasil analisis regrsi
sederhana X2 terhadap Y, diketahui Fhitung 10,936 lebih besar dari Ftabel 3,96 (Fh >
Ft) maka X2 terhadap Y signifikan. Berdasarkan hasil analisis regresi ganda X1
dan X2 terhadap Y, diketahui Fhitung sebesar 11,289 lebih besar dari Ftabel 3,44 (Fh
> Ft) maka koefesien korelasi multipel antara X1 dan X2 terhadap Y signifikan.
Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan antara intensitas perhatian orang tua dan motivasi belajar
terhadap prestasi belajar pada siswa kelas IV SD se Gugus Ontoseno Bagelen
Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012.
Kata kunci: intensitas perhatian orang tua, motivasi belajar, prestasi belajarPradhana Nanda