Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:21:02ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-06T00:55:08Z2019-01-29T19:28:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14001This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/140012015-04-06T00:55:08ZPENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
MELALUI PENERAPAN STRATEGI MODALITAS VISUAL, AUDITORI,
DAN KINESTETIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI
KARANGWULUH, TEMON, KULON PROGOPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan strategi modalitas Visual, Auditori, dan Kinestetik pada siswa kelas IV SD Negeri Karangwuluh, Temon, Kulon Progo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian tindakan kelasnya yakni kolaboratif partisipatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangwuluh, yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 10 siswa putra dan 6 siswa putri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, catatan lapangan dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan deskriptif kuantitatif denganuji hipotesisnya menggunakan uji t Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus.
Hasil penelitian menunjukkan dengan pembelajaran yang menerapkan strategi modalitas Visual, Auditori, dan Kinestetik hasil belajar IPS meningkat. Indikasi peningkatan tersebut yakni hasil rerata kognitif siswa meningkat dari nilai rata-rata siswa pada pratindakan (nilai ulangan harian) sebesar 65,81 dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 6 siswa (37,5%), setelah tindakan siklus I meningkat sebesar 9,19 menjadi 75 dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 10 siswa (62,5%), setelah tindakan siklus II meningkat sebesar 6,1875 menjadi 81,1875 dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 13 siswa 81,25%. Rerata gain dari pratindakan ke siklus I 0,26 meningkat pada rerata gain dari siklus I ke siklus II sebesar 0,06 menjadi 0,32 yang berada di kategori sedang. Rerata hasil belajar
afektif dan psikomotor pada siklus I 19,5 meningkat sebesar 1,875 pada siklus II menjadi 21,375 yang berada dikategori baik. Hasil penelitian lainnya proses penerapan strategi modalitas Visual, Auditori, dan Kinestetik memberikan
pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Karangwuluh. Hal ini dibuktikan dengan uji t dimana t tabel < α.
Kata kunci: Modalitas Visual, Auditori, dan Kinestetik, Hasil Belajar IPS.Lukitamurti Nafisa Wahyu