Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:38:55ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-04T05:55:41Z2019-01-29T17:24:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8169This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81692012-12-04T05:55:41ZPENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIADAILY CHEMISTRY
SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA BAGI
SISWA SMA/MA KELAS XI IPAPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan
kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Ensiklopedia Daily
Chemistry untuk siswaSMA/MAkelas XIIPA dan mengetahui kualitasnya
ditinjau dari komponen kelayakan materi, kelayakan penyajian, kelayakan
kebahasaan dan gambar, isi, dan penampilan ensiklopedia yang sesuai dengan
kriteria standar kualitas ensiklopedia.
Pengembangan dilakukan dengan model pengembangan ADDIE yang
meliputilima tahapan. Ensiklopedia Daily Chemistrymemuat 25 judul entri
materi kimia kelas XIIPA yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
Produk awal ditinjau oleh 3peer reviewer, satu ahli media, dan satu ahli materi.
Produk akhir dinilai oleh 5 orangreviewer yaitu guru kimia SMA/MA dari
sekolahyang berbeda. Penilaian dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian
yangterdiri dari 37 kriteria. Hasil penilaian oleh reviewerberupa data kualitatif
dan diubah menjadi data kuantitatif berbentuk skor yang selanjutnya diubah
kembali menjadi data kualitatif tentang kualitas EnsiklopediaDaily Chemistry
berdasarkan kriteria penilaianideal.
Hasil penelitian pengembangan ini berupaEnsiklopediaDaily Chemistry
untuk siswa SMA/MA kelas XI IPA. Berdasarkan hasil penilaian 5 guru,
EnsiklopediaDaily Chemistryyang dikembangkan memperoleh skor aktual(X)=
171,4yang menurut kriteria penilaian ideal memenuhiX>155,41. Berdasarkan
skor tersebut,EnsiklopediaDaily Chemistrymempunyai kategori kualitas sangat
baik (SB), sehingga Ensiklopedia Daily Chemistrydapat digunakan sebagai
sumber belajar untuk siswa SMA/MA kelas XI.Saadah Naeilis