Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:06:02ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-02-09T08:53:26Z2019-10-01T11:37:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46994This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/469942017-02-09T08:53:26ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
SDN MINOMARTANI 1
Mlandangan, Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta 55581Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2016 terhitung mulai tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 berlokasi di SD negeri Minomartani 1 merupakan suatu program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa UNY untuk mengimplementasikan ilmu mengajar yang telah didapatkan di kegiatan perkuliahan. Sehingga, mahasiswa mendapat pengalaman belajar secara langsung di lapangan, dapat lebih mngembangkan kompetesinya dalam bidang pendidikan, serta meningkatkan tanggungjawab serta kemandirian mahasiswa.
Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil Pelaksanaan program PPL yang berlangsung selama kurang lebih 2 bulan memberikan berbagai pengalaman bagi mahasiswa melalui kegiatan-kegiatan yang dilaukan di sekolah yang bersangkutan. Kegiatan mahasiswa pada saat mengikuti program PPL di SDN Minomartani 1 diantaranya adalah kegiatan mengajar dan kegiatan non mengajar. Kegitan mengajar dapt dibagi menjadi kegiatan mengajar terbimbing, mengajar mandiri, serta ujian mengajar. Untuk kegiatan non mengajar diantaranya adalah pengelolaan perpustakan, mengikuti segala bentuk upacara, rangkaian kegiatan menyambut HUT RI, serta rangkaian kegiatan yag menujang terlaksananya program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM).
Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL mampu memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal kondisi sekolah serta segala permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.NOLA SUSANTI NOLA SUSANTI