Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:13:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-05T06:48:49Z2019-01-29T17:34:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8381This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83812012-12-05T06:48:49ZPENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWABERBASIS MASALAH
PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
UNTUK SISWA KELAS VIII SMPPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini
untuk mengembangkan produk yang berkualitas dan mendiskripsikan kualitas
produk tersebut. Produk dari penelitian ini berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
berbasis masalah pada materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk siswa SMP kelas
VIII. Sedangkan kualitas produk yang akan dideskripsikan meliputi kelayakan
LKS, efektifitas LKS ditinjau dari hasil belajar siswa, dan kepraktisan LKS
ditinjau dari respon siswa dan respon guru.
Modelpenelitianmenggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri
dari 5 tahap yaitu: (1) analisis (analysis) komponen yang dibutuhkan dalam
pengembangan LKS; (2) perancangan (design) LKS; (3) pengembangan
(development) ataupenyusunanLKS; (4)implementasi (implementation) LKS;
dan (5)evaluasi (evaluation) hasil penerapan LKS. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian iniadalah: (1) lembar evaluasi untuk ahli materi, dan (2) lembar
evaluasi untuk ahli media, keduanya untuk menilai kelayakan LKS, (3) soalpost-
test, untuk menilai keefektifan LKS, (4) angket respon siswa, serta (5) angket
respon guru, untuk menilai kepraktisan LKS.
Berdasarkan hasil evaluasi pengembangan LKS, hasil evaluasi dari ahli
materi memperoleh rata-rata skor 4 sedangkan hasil evaluasi dari ahli media
memperoleh rata-rata skor 4,75, sehingga LKS dinyatakan layak. Hasil postest
menunjukkan bahwa persentase ketuntasan yaitu 77,8%, sehingga LKS berbasis
masalah pokok bahasan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar dapat
dikatakanefektif. SedangkanLKS yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor
dari angket respon siswa sebesar 3,11dan dariangket respon guru memperoleh
rata-rata skor 3,39. sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS praktis. Dengan
demikiandapat disimpulkan bahwa LKSberbasis masalah yang dikembangkan
memenuhi kriteria layak, efektif dan praktis yang dapat digunakan sebagai bahan
ajar yang baik.
Kata kunci : pengembangan, LKS berbasis masalah, Bangun Ruang Sisi Datar,
kelayakan, efektivitas, respon, SMP.SYAKRINA NISA