Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:45:46ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-25T02:07:52Z2019-10-01T12:02:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37246This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/372462016-07-25T02:07:52ZLAPORAN AKHIR
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SD N GEDONGKIWO
YOGYAKARTAPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu sarana bagi
mahasiswa sebagai calon pendidik bangsa yang harus dikembangkan potensi,
kemampuan mengajar demi kesuksesan sebagai pengajar dan pendidik di masa yang
akan datang. PPL merupakan salah satu wujud Tri Dharma perguruan tinggi yakni
pengabdian masyarakat sekolah dan membantu mengembangkan sekolah yang
menunjang proses pembelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas
Negeri Yogyakarta tahun 2014 dilaksanakan pada semester khusus bulan Juli sampai
September 2014. SD N Gedongkiwo adalah salah satu SD yang bekerja sama dengan
UNY yang digunakan untuk menjadi salah satu lokasi PPL pada tahun 2014.
Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan,
pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah
dan penyusunan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar 10
kali yang dilaksanakan mulai tanggal 9 Agustus 2014 sampai dengan 2 September
2014 ditambah dengan ujian 2 kali yang dilaksanakan pada tanggal 3 September
2014 dan 5 September 2014. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan
pembelajaran yang telah dilaksanakan. Praktik mengajar ini meliputi pembuatan
rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran,
dan evaluasi pembelajaran.
Pada pelaksanaan program PPL di SD N Gedongkiwo berjalan dengan baik.
Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti ada beberapa kali
jadwal mengajar yang tidak sesuai dengan waktu perencanaan, akan tetapi dengan
kerja sama yang solid antara para mahasiswa PPL dan guru kelas sehingga dapat
mengatasi permasalahan yang ada. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak
sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah
tersebut. Selain praktek mengajar, mahasiswa juga bisa belajar mengerjakan
administasi sekolah, karena sebagai guru yang profesional tidak harus handal
mengajar, tetapi juga harus bisa mengerjakan administrasi yang berkaitan dengan
peserta didik.NIKEN FITRIA ULFAH NIKEN FITRIA ULFAH