Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:12:21ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-14T01:20:56Z2019-10-01T11:50:36Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36366This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/363662016-07-14T01:20:56ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL)
DI SD NEGERI DEMAKIJO 1
PERIODE 10 AGUSTUS s.d. 12 SEPTEMBER 2015Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan
kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga
pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses
pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa
dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke
dalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun nonformal. PPL juga
berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar
kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses
KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dalam dunia
pendidikan sebagai tenaga pendidik.
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Tujuannya adalah
memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar
secara operasional di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. PPL yang
dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September
2015 di SD Negeri Demakijo 1 akan lebih menguntungkan semua pihak, bagi
sekolah, perguruan tinggi, dan mahasiswa. Kegiatan atau program PPL yang
dilaksanakan antara lain: meliputi; membuat media pembelajaran, membuat
rencana program pembelajaran.
Dalam kegiatan PPL di SD Negeri Demakijo 1, penyusun mendapat
kesempatan praktik mengajar di kelas I A, kelas II A, kelas II B, kelas IV A,
Kelas IV B, dan kelas V B. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu
mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan,
penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas.
Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan
yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.NASTITI LINDA FATMAWATI NASTITI LINDA FATMAWATI