Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:10:54ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-01T03:18:12Z2019-01-29T23:02:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19748This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/197482015-06-01T03:18:12ZMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA
DIRECTOR MX 2004 PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN DAN
PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF STANDAR KOMPETENSI
MELAKUKAN PERAWATAN DAN PEMERIKSAAN SISTEM
PELUMASAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF
DI SMK N 2 DEPOKPENGEMBANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA
DIRECTOR MX 2004 PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN DAN
PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF STANDAR KOMPETENSI
MELAKUKAN PERAWATAN DAN PEMERIKSAAN SISTEM
PELUMASAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF
DI SMK N 2 DEPOK
Oleh :
NASHIR PURBOSAKSONO
09504247001
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk media
pembelajaran berbantuan komputer, mengetahui kelayakannya, dan mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Pelumasan setelah
mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media Macromedia Director MX
2004.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan
(Research and Development) yang bertempat di SMK N 2 Depok pada bulan Mei
2011. Subyek penelitian ini adalah dosen ahli materi, ahli multimedia dan siswa
kelas dua Program Keahlian Teknik Otomotif SMK N 2 Depok. Pengumpulan
data dilakukan menggunakan angket dan tes, sedangkan metode yang digunakan
untuk menganalisis data adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbantuan komputer yang
dikemas dalam sebuah CD (compact disc). Prosedur pengembangan media yang
dilakukan yaitu (1) penelitian pendahuluan, (2) melakukan perencanaan, (3)
mendesain produk awal, (4) menguji coba desain produk, (5) merevisi desain
produk, (6) menguji coba produk awal (uji coba kelompok kecil), (7) merevisi
produk, (8) menguji coba pemakaian (uji coba lapangan), (9) merevisi produk
akhir, dan (10) mendiseminasikan dan mengimplementasikan produk. Hasil uji
kelayakan menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan
penilaian ahli media sangat layak dengan pencapaian 84,62 %, menurut ahli
materi sangat layak dengan pencapaian 78,85%, dari hasil uji coba kelompok kecil
layak dengan pencapaian 83,23% dan dari hasil uji lapangan layak dengan
pencapaian 68,87%. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran berbantuan komputer yang dikembangkan layak digunakan sebagai
pendukung pembelajaran Sistem Pelumasan. CD Pembelajaran ini juga dapat
meningkatkan hasil belajar, terbukti hasil belajar siswa mengalami peningkatan
dari skor pretest ke postest. Bukti di kelas 2B adanya peningkatan hasil belajar
dengan skor rata-rata 3,48 dan persentase kenaikan hasil belajar 63,53%.
Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Macromedia Director MX
2004.PURBOSAKSONO NASHIR2012-07-04T00:58:35Z2019-01-29T14:30:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1488This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14882012-07-04T00:58:35ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA DIRECTOR MX 2004 PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PERAWATAN DAN PEMERIKSAAN SISTEM PELUMASAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF DI SMK N 2 DEPOK
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk media pembelajaran berbantuan komputer, mengetahui kelayakannya, dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Pelumasan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media Macromedia Director MX 2004.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertempat di SMK N 2 Depok pada bulan Mei 2011. Subyek penelitian ini adalah dosen ahli materi, ahli multimedia dan siswa kelas dua Program Keahlian Teknik Otomotif SMK N 2 Depok. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan tes, sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbantuan komputer yang dikemas dalam sebuah CD (compact disc). Prosedur pengembangan media yang dilakukan yaitu (1) penelitian pendahuluan, (2) melakukan perencanaan, (3) mendesain produk awal, (4) menguji coba desain produk, (5) merevisi desain produk, (6) menguji coba produk awal (uji coba kelompok kecil), (7) merevisi produk, (8) menguji coba pemakaian (uji coba lapangan), (9) merevisi produk akhir, dan (10) mendiseminasikan dan mengimplementasikan produk. Hasil uji kelayakan menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media sangat layak dengan pencapaian 84,62 %, menurut ahli materi sangat layak dengan pencapaian 78,85%, dari hasil uji coba kelompok kecil layak dengan pencapaian 83,23% dan dari hasil uji lapangan layak dengan pencapaian 68,87%. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan komputer yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran Sistem Pelumasan. CD Pembelajaran ini juga dapat meningkatkan hasil belajar, terbukti hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari skor pretest ke postest. Bukti di kelas 2B adanya peningkatan hasil belajar dengan skor rata-rata 3,48 dan persentase kenaikan hasil belajar 63,53%.
PURBOSAKSONO NASHIR