Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:43:22ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-01-08T06:31:50Z2019-01-29T18:03:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9333This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/93332013-01-08T06:31:50ZPENGARUH PENDEKATAN
KETERAMPILAN PROSES IPA DAN HASIL BELAJAR
RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP
PENDEKATAN GUIDED INQUIRY TERHADAP
KETERAMPILAN PROSES IPA DAN HASIL BELAJAR
RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP
TERHADAP
KETERAMPILAN PROSES IPA DAN HASIL BELAJAR Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
pendekatan Guided Inquiry terhadap keterampilan proses IPA dan hasil belajar
ranah kognitif peserta didik SMP.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment atau
penelitian semu. Rancangan penelitian ini menggunakan desain Nonrandomized
Control Group Pretest – Postest Design. Subyek penelitian ini adalah peserta
didik kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan peserta
didik kelas VII B yang berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Tindakan yang
dilakukan berupa penerapan Pendekatan Guided Inquiry pada kelas eksperimen
dan penerapan Pendekatan konvensional pada kelas kontrol. Metode pengambilan
data penelitian melalui tes tertulis dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk
tes tertulis berupa soal pretest dan postest sedangkan untuk observasi
menggunakan lembar observasi pelaksanaan Pendekatan Guided Inquiry dan
lembar observasi keterampilan proses IPA. Tes tertulis dilakukan untuk
mengetahui kemampuan awal pesera didik dan kemampuan akhir setelah diberi
tindakan. Observasi dilakukan untuk mengukur dan memperoleh data
keterampilan proses IPA peserta didik selama proses pembelajaran dan
keterlaksanaan penerapan pendekatan Guided Inquiry.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan
pada penggunaan Pendekatan Guided Inquiry terhadap keterampilan proses IPA
yang ditunjukkan dari hasil Sig.(2-tailed) sebesar 0.000 atau < 0.05 dan dari nilai
koefisien relasi (r) yang diperoleh sebesar 0.380 atau koefisien determinasi (r
2
)
sebesar 0.1444 yang berarti pengaruh yang diberikan sebesar 14.44%. Pada
penggunaan Pendekatan Guided Inquiry terhadap hasil belajar ranah kognitif
peserta didik tidak terdapat pengaruh yang signifikan.
Kata kunci: Guided Inquiry, keterampilan proses IPA, dan hasil belajar ranah
kognitif
LAKSITA DEWI NAOMI DIAS