Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:28:42ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-16T01:48:16Z2019-01-30T09:39:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34823This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/348232016-06-16T01:48:16ZHUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DAN DUKUNGAN SOSIAL
ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS IV
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH DI GUGUS IV KECAMATAN PLERET KABUPATEN BANTUL KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1)hubungan kedisiplinan dengan motivasi berprestasi; 2)hubungan dukungan sosial dengan motivasi berprestasi; 3)hubungan antara kedisiplinan dan dukungan sosial orang tua dengan motivasi berprestasi siswa kelas IV SD/MI di gugus IV Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dan bersifat korelasi. Dari populasi 111 siswa sampel penelitian diambil dengan teknik area probability proportional random sampling sebanyak 89 siswa. Variabel bebas penelitian yaitu
kedisiplinan dan dukungan sosial, sedangkan variabel terikat adalah motivasi berprestasi. Instrumen penelitian berupa skala kedisiplinan, dukungan sosial orang tua, dan motivasi berprestasi siswa. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment dan korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan dengan motivasi berprestasi siswa. Dibuktikan dengan (rhitung0,633>rtabel0,207); 2)terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi berprestasi siswa. Dibuktikan dengan (rhitung 0,697>rtabel0,207); 3)terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan dan dukungan sosial orang tua secara bersama-sama dengan motivasi berprestasi siswa. Dibuktikan dengan harga R=0,765 dan (Fhitung60,613>Ftabel4,88). Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi kedisiplinan dan dukungan sosial orang tua, semakin tinggi pula motivasi berprestasi siswa.
Kata kunci: kedisiplinan, dukungan sosial, motivasi berprestasiTri Wahyu Arifah Mayasari