Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:21:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-12T03:04:24Z2019-10-01T11:50:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36090This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/360902016-07-12T03:04:24ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
SD NEGERI KARANGJATI
MINOMARTANI, NGAGLIK, SLEMANKegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang
terintegrasi untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa program pendidikan
sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa
melaksanakan tugas-tugas kependidikan, dalam hal ini guru atau tenaga pendidik
yang meliputi kegiatan praktik mengajar, dan kegiatan non kependidikan. Program
PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali yang
dilaksanakan pada tanggal 19, 25, 27 Agustus 2015 dan 3 September 2015 dan ujian
praktik mengajari sebanyak 2 kali yang dilaksanakan tanggal 4 dan 8 September
2015. Praktik mengajar terbimbing dan ujian praktik ini meliputi pembuatan rencana
pelaksanaan pembelajaran, persiapan dan pembuatan media, pelaksanaan
pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.
Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan,
pelaksanaan dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi Micro Teaching,
pembekalan PPL, observasi sekolah, mengumpulkan materi ajar, mempelajari silabus
dan menyusun RPP. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing dan
ujian mengajar. Tahap analisis hasil berisi hasil, hambatan, solusi, dan refleksi.
Pada pelaksanaan program PPL di SD Negeri Karangjati berjalan dengan
baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, semua mampu teratasi
berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa PPL dan pihak sekolah. Dukungan dari
berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran
pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Dukungan dari pihak sekolah yang
paling menonjol adalah dukungan berupa masukan, saran dan kritik dari tiap guru
kelas. Setelah kegiatan PPL selesai, praktikan mendapatkan pemahaman bahwa
menjadi seorang guru bukanlah pekerjaan yang mudah apalagi menjadi seorang guru
SD. Tidak hanya kemampuan dalam penguasaan materi, namun juga kemampuan
dalam berinteraksi dengan siswa-siswi sesuai dengan tahap perkembangannya.Marzuwqi Arsyad Marzuwqi Arsyad