Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:41:15ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-19T03:05:25Z2019-01-29T19:04:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13209This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/132092015-03-19T03:05:25ZMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CD AUDIO PADA ANAK KELOMPOK B2 TK ABA KARANGKAJEN YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak menggunakan media CD audio pada anak kelompok B2 TK ABA Karangkajen Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian berjumlah 20 anak diantaranya 7 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria berkembang sangat baik (> 80%).
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan menyimak menggunakan media CD MAPAUD pada anak kelompok B2 mengalami peningkatan setelah ada pemilihan program yang menarik untuk anak, variasi judul yang sesuai dengan tema, adanya setting tempat duduk yang berbeda dari bentuk U menjadi bentuk lingkaran, dan guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan isi CD yang sudah diputar juga menjadi motivasi anak dalam keberhasilan penelitian ini. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata keterampilan menyimak pada tahap sebelum tindakan sebesar 57,86% (cukup berkembang), siklus 1 sebesar 64,44% (sudah berkembang) dan siklus 2 sebesar 85,22% (berkembang sangat baik).
Kata kunci: keterampilan menyimak, media CD, media audio, TKMaryanti