Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:04:04ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-07T03:18:01Z2019-01-29T20:04:58Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15045This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/150452015-04-07T03:18:01ZUPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SD TIMBULHARJO SEWON BANTULPenelitian bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan pendekatan contextual teaching and learning pada siswa kelas V SD Timbulharjo Sewon Bantul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaborasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Timbulharjo yang berjumlah 30 siswa. Model penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Metode yang digunakan dalam pengumpulkan data adalah : 1) tes, 2) observasi, 3) catatan lapangan, dan 4) dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata.
Pembelajaran IPS dengan menggunakan contextual teaching and learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Timbulharjo Sewon Bantul. Peningkatan prestasi belajar IPS pada siklus I rata-rata sebesar 6,20, kondisi awal 69 meningkat menjadi 75,20 dan peningkatan siklus II sebesar 11,53 kondisi awal 69 meningkat menjadi 80,53.
Kata kunci: Prestasi belajar IPS, contextual teaching and learningPrisminar Yulia Maryani