Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:49:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-27T07:24:44Z2023-09-20T01:04:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17638This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/176382015-04-27T07:24:44ZPENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN MUATAN
LOKAL BATIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KALIPAKEM II
SELOHARJO PUNDONG BANTULPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter melalui pembelajaran muatan lokal batik dilihat dari proses pelaksanaan pembelajaran muatan lokal batik di SD Muhammadiyah Kalipakem II Seloharjo Pundong Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV dan V di SD Muhammadiyah Kalipakem II Seloharjo Pundong Bantul. Data penelitian diperoleh dengan teknik observasi tentang kondisi sekolah dan pelaksanan proses pembelajaran muatan lokal batik yang sedang berlangsung, wawancara dengan kepala sekolah dan guru mata pelajaran muatan lokal batik, dokumentasi, dan angket sebagai data tambahan yang diambil 30 dari jumlah peserta didik kelas IV dan V. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Tahapan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam pelaksanaan pembelajaran muatan lokal batik terkandung nilai-nilai pendidikan karakter, yang bersumber dari Pusat Kurikulum Kementrian Pendidikan Nasional. Pembelajaran muatan lokal batik dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Terdapat 14 nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam pembelajaran muatan lokal batik yaitu religius, rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kreatif, teliti, kerja sama, jujur, cinta tanah air, kesabaran, menghargai prestasi, dan menghargai karya orang lain. Nilai pendidikan karakter tersebut disampaikan melalui metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan pemberian tugas praktek. Pencapaian hasil belajar meliputi aspek kognitif, psikomotor, dan afektif peserta didik pada nilai-nilai pendidikan karakter. Dengan demikian pendidikan karakter sudah dilaksanakan di SD Muhammadiyah Kalipakem II Seloharjo Pundong Bantul melalui pembelajaran muatan lokal batik.Kurnia Martyastuti