Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:38:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-31T01:50:24Z2019-10-01T12:02:29Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42981This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/429812016-10-31T01:50:24ZLAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI
TK PERTIWI NANGSRI
BRAJAN, NANGSRI, MANISRENGGO, KLATENPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk
melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL Mahasiswa
dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya dilapangan. Sebaliknya mahasiswa
juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat member dan
menerima (give and take) berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan
mahasiswa menjadi calon tenaga pendidikan profesional.
Penyusun melaksanakan observasi pada Selasa, 11 Februari 2014 sampai Sabtu,
15 Februari 2014. Program PPL dibagi dalam program pengajaran dan non pengajaran.
Program pengajaran dilaksanakan sebanyak sembilan kali pertemuan, yang meliputi enam
kali pertemuan pengajaran biasanya, dan dua kali pertemuan untuk ujian mengajar. Untuk
melaksanakan program pengajaran tersebut, penyusu melalui enam tahap proses
pengajaran, yaitu (1) Penyusunan RKH
; (2) Konsultasi RKH; (3) Pembuatan media
pembelajaran; (4) Pembuatan instrument; (5) Mengajar di kelas; dan (6) Penilaian
Harian. Selain itu setelah pelaksanaan pembelajaran, penyusun masih bertugas untuk
menganalisis hasil pembelajaran untuk mengetahui efektivitas perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran.
Selama penyusun diberi kesempatan untuk mengajar secara mandiri,
awalnya penyusun membuat kesalahan pada alat penilaian yang digunakan untuk
mengukur indikator. Hal ini terbukti banyak coretan yang diberikan oleh guru
kelas B2 kepada penyusun. Namun, penyusun tidak lagi membuat kesalahan
mulai dari pertemuan kelima. Hasil yang diperoleh selama mengajar mandiri
sebanyak sembilan kali, terlihat dari berkembangannya kemampuan anak dalam
hal pengungkapan bahasa, sopan-santun, kedisiplinan, kemampuan menulis dan
berhitung, kemampuan menjahit, sikap percaya diri anak, kemandirian anak, dan
kemampuan yang melibatkan fisik-motorik anak.
Kegiatan PPL Pengajaran diakhiri dengan ujian pembelajaran sebanyak
dua kali pertemuan. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan penarikan PPL oleh
Bp. Joko Pamungkas, M. Pd selaku DPL PPL TK Pertiwi Nangsri. Penarikan
tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Agustus 2014 di TK Pertiwi Nangsri.Marsella Wahyu Suzanti Marsella Wahyu Suzanti