Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:56:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-03T02:55:49Z2019-10-01T12:09:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33756This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/337562016-06-03T02:55:49ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMA NEGERI 2 WONOSARITujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah melatih
mahasiswa dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang
dimilikinya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masingmasing. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang
professional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya
dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Kegiatan ini wajib dilaksanakn
oleh mahasiswa. Hal tersebut merupakan garis besar dari program PPL yang
merupakan implementasi salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu
pengajaran.
Pelaksanaan PPL dilakukan pada tanggal 10 Agustus sampai 12 September
2015 bertempat di SMAN 2 Wonosari yang beralamat di Jl. Ki Ageng Giring, no 3.
Wonosari, Gunungkidul. Kegiatan PPL ini melaksanakan program-program kegiatan
dengan ketrampilan yang dimiliki oleh mahasiswa yang diperoleh selama berada di
perguruan tinggi dan didukung kondisi lingkungan warga sekolah.
Sebelum memulai untuk melakukan kegiatan mengajar, terlebih dahulu
mahasiswa melakukan persiapan dengan mengikuti mata kuliah wajib lulus yaitu
pengajaran mikro, pembekalan PPL dan observasi untuk memperoleh data yang
diperlukan untuk menyusun program kerja. Dari hasil observasi diketahui beberapa
permasalahan di sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di
sekolah tetapi belum diberdayakan serta dapat mempersiapkan hal-hal yang berkaitan
dengan program PPL.
Berdasarkan hasil observasi, maka mahasiswa merencanakan beberapa
program yang dilaksanakan selama PPL. Program PPL yaitu konsultasi dengan guru
pembimbing, konsultasi dengan dosen pembimbing PPL, membuat perangkat
pembelajaran (penyusunan peta kompetensi, peta konsep, RPP), mencari bahan
untuk mengajar, mengajar, pembuatan media, dan pembuatan laporan, dan
administrasi guru.
Hasil yang diperoleh selama PPL adalah bahwa mahasiswa telah
mendapatkan pengetahuan terpadu antara teori dengan praktik yang sangat
bermanfaat. Selain pengalaman mengajar, mahasiswa juga memperoleh pengalaman
yang berkaitan dengan tugas guru di sekolah.Maria Sandriana Nara Maria Sandriana Nara