Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:27:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-08-20T02:32:52Z2019-01-30T02:11:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25231This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/252312015-08-20T02:32:52ZPERAN HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN BOPKRI 1 YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan peran humas dalam
membangun citra sekolah di SMK BOPKRI 1 Yogyakarta.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek
penelitian terdiri dari beberapa informan yaitu Kepala Sekolah, Wakasek
Kehumasan, dan salah satu guru. Pengumpulan data menggunakan metode
wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis
melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menjamin
keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan peran humas dalam
membangun citra SMK BOPKRI 1 Yogyakarta meliputi peran humas sebagai
komunikator (communicator), pearn humas sebagai pembina hubungan
(Relationship), peran humas sebagai back up management dan peran humas
sebagai pembentuk citra (corporate image). Wujud kegiatan peran humas sebagai
komunikator meliputi : rapat formal, upacara bendera, masa orientasi siswa,
presentasi profil sekolah, try out, rapat wali murid, kerjasama dengan DU/DI,
penyampaian informasi pada alumni, penyampaian informasi masyarakat dan
pemerintah. Wujud kegiatan peran sebagai Pembina hubungan (Relationship)
meliputi: membentuk ikatan keluarga SMK BOPKRI 1 Yogyakarta (BOSA),
perayaan hari raya paskah dan perayaan HUT sekolah, pertandingan olahraga,
turnamen, bazar murah dan menjalin kerjasama dengan DU/DI. Wujud kegiatan
peran sebagai back up management meliputi : humas mengadakan kerjasama
dengan SMP untuk mengadakan presentasi sekolah, promosi kepada pihak DU/DI
yang diajak bekerjasama, melaksanakan penyaluran lulusan ke beberapa instansi
DU/DI. Wujud kegiatan peran sebagai pembentuk citra meliputi : menciptakan
suasana kondusif sekolah, pelayanan terhadap publik, meningkatkan kualitas
pendidikan dan kinerja guru, bakti sosial dan partisipasi dengan kegiatan
masyarakat. Media komunikasi yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan
meliputi media langsung meliputi : rapat formal, hari ulang tahun sekolah,
presentasi profil sekolah, bazar, kunjungan industri, try out, membentuk ikatan
keluarga SMK BOPKRI 1 Yogyakrata dan turnamen. Media komunikasi tidak
langsung meliputi : media elektronik ( telepon, e-mail dan fax) dan media cetak
(booklet, kalender, brosur, poster, spanduk, surat resmi).
Kata kunci : Peran Humas, Citra SekolahMaria Maria Fransiska