Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:29:42ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-01T02:49:43Z2019-01-30T10:07:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38070This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/380702016-08-01T02:49:43ZIDENTIFIKASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK TK KELOMPOK B KELURAHAN BALECATUR GAMPING SLEMAN YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak TK Kelompok B Kelurahan Balecatur Kecamatan Gamping, Sleman, Yogyakarta. Perkembangan motorik halus ini meliputi kegiatan meronce sesuai dengan pola, menyalin angka 1-20, membentuk dengan plastisin sesuai contoh guru, menempel dengan tepat, mewarnai gambar sederhana, dan menggambar orang dengan lengkap dan proporsional.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK Kelompok B Kelurahan Balecatur yang berjumlah 260 anak dengan sampel sebesar 155 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel kuota. Subjek dalam penelitian ini adalah anak TK Kelompok B Kelurahan Balecatur. Sedangkan objek penelitiannya adalah identifikasi perkembangan motorik halus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 155 anak tidak ada anak yang berada dalam kategori Belum Berkembang (BB). Kategori Mulai Berkembang (MB) terdiri dari 2 anak atau sebesar 1,3%. Kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) terdiri dari 63 anak atau sebesar 40,65%. Kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) terdiri dari 90 anak atau sebesar 58%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perkembangan motorik halus anak TK Kelompok B Kelurahan Balecatur Gamping Sleman Yogyakarta sudah sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan.
Kata kunci: perkembangan motorik halus, anak TK BIndriyani Mariapaud@uny.ac.id