Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:08:38ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-12-10T02:10:11Z2019-01-30T05:46:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28727This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/287272015-12-10T02:10:11ZKESIAPAN GURU GEOGRAFI SMA DALAM MENGIMPLEMANTASIKAN KTSP DI KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDULPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan gum geografi SMA di
ecamatan Wonosari dalam implementasi KTSP. Tiga pertanyaan penelitian
iajukan yang berhubungan dengan tujuan penelitian.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dimaksudkan untuk
enggambarkan kesiapan guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
agai upaya dalam implementasi KTSP. Informan utama dalam penelitian ini
ah gum mata pelajaran geografi dan informan pendukung adalah kepala
sekolah, wakil kepala sekolah urusan kurikulum dan siswa. Teknik pengumpulan
ta dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk validitas data penulis
~ za menggunakan trianggulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis secara
eskriptif meliputi tahap reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ( 1 ) Kesiapan gum geografi SMA
di kecamatan Wonosari dalam implementasi KTSP mata pelajaran geografi
dalam hal persiapan pelaksanaan KTSP sudah cukup optimal yang dapat dilihat
. penyusunan perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP dan juga didukung
o h pemahaman gum yang cukup baik mengenai KTSP; ( 2 ) Pelaksanaan KTSP
mata pelajaran geografi sudah dapat terlaksana dengan baik, walaupun demikian
ih ditemui sekolah yang masih mengalami kesulitan dalam pelaksanaan KTSP
. babkan oleh siswa yang belum mengembangkan kemampuan yang dimiliki
secara optimal sehingga sulit menerapkan RPP yang di buat, namun kondisi ini
at diatasi oleh guru sebagai pengelola kelas; ( 3 ) Kendala yang dihadapi gum
=: grafi SMA di kecamatan Wonosari dalam implementasi KTSP adalah:
siapan sekolah yang belum maksimal, dukungan masyarakat belum maksimal,
. erja guru masih tergolong rendah, dana, bahan pembelajaran masih kurang,
:erlalu banyak materi, waktunya kurang, siswa kurang aktif, fasilitas kurang
ngkap sehingga gum susah untuk berinovasi, kondisi sekolah yang sempit,
ngetahuan yang terbatas, kurang kreatif, kesulitan dalam menentukan media
_ -ang sesuai dengan metode yang digunakan dalam pembelajaran, kemampuan
para guru untuk mengembangkan kurikulum, pengembangan SK dan KD seperti
yang tertuang dalam Standar Isi kurang dapat dilaksanakan sepenuhnya oleh para
guru, SDM siswa (inputnya kurang bagus), kurang menguasai materi, kekurangan
guru geografi sehingga mata pelajaran geografi diajar guru fisika dan media
lurn tercukupi.
Kata kunci : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), implementasi, guru
geografi SMA, di Kec. Wonosari.Nita Marginingsih