Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:04:58ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-30T09:36:54Z2019-01-30T05:11:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27833This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/278332015-10-30T09:36:54ZPEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI UNTUK ANAK AUTIS DI
SLB CITRA MULIA MANDIRI SLEMAN YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran
pengembangan diri mandi bagi siswa autis yang mencakup persiapan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, faktor yang
menghambat dan faktor yang mendukung pembelajaran di SLB Citra Mulia
mandiri
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu guru kelas dan satu orang siswa autis kelas
X SMALB di SLB Citra Mulia Mandiri. Pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
adalah kualitatif. Langkah-langkah analisis data diantaranya tahap reduksi data,
penyajian data dan tahap mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pengembangan diri
mandi untuk siswa autis terdiri atas (1) perencanaan pembelajaran disusun dari
hasil asesmen kemampuan awal siswa, (2) pelaksanaan pembelajaran terdiri dari
tiga tahap yaitu tahap awal dengan menyiapkan peralatan mandi yang akan
digunakan siswa, tahap inti menyampaikan materi mengenai pengembangan diri
mandi. Pada saat guru menerangkan fungsi dari peralatan mandi INA tampak
tidak fokus dan berbicara dengan bahasanya sendiri. Untuk mengatasi subyek,
guru memberikan tugas supaya INA mengambil gayung yang ada di kamar mandi.
Setelah subyek kembali ketempat duduk dengan tenang, guru melanjutkan materi
dengan menjelaskan penggunaan gayung. Tahap penutup dengan mengevaluasi
kemampuan INA dalam mengenal peralatan mandi, berdoa penutup dan
berkomunikasi dengan orang tua INA untuk meneruskan kegiatan mandi dirumah.
Pembelajaran yang diberikan disesuaikan dengan kondisi siswa autis sehingga
setelah memperoleh pembelajaran pengembangan diri mandi siswa menjadi
mandiri, (3) strategi pembelajaran yang digunakan guru pada INA seperti instruksi
verbal secara berulang, strategi prinsip khusus dan strategi dengan prinsip
penguat. Guru juga memberikan bantuan fisik dengan menggerakkan tangan siswa
untuk mengambil peralatan mandi dan mengambil gayung, (4) menggunakan
evaluasi tes dengan tanya jawab mengenai peralatan mandi, tes perbuatan berupa
tahap praktek mandi, dan evaluasi berupa pengamatan atau observasi dari tahapan
keseluruhan pembelajaran pengebangan diri mandi.Shelly Adelina Margareta