Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:48:40ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-10-10T00:54:11Z2019-01-30T15:19:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53203This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/532032017-10-10T00:54:11ZKULTUR SEKOLAH DALAM MENGEMBANGAN GOOD SCHOOL (SEKOLAH EFEKTIF) DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTASekolah merupakan suatu institusi pendidikan yang memiliki kultur sekolah yang dapat dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kultur sekolah untuk menggali dan menggambarkan tentang kultur fisik dan non fisik, peran kultur sekolah dalam mengembangkan good school, dan program-program yang dilakukan sekolah dalam mendukung good school sehingga mengetahui kultur sekolah dalam mengembangkan good school di SMA Negeri 3 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini meliputi pelaksana teknis kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa dengan objek pengembangan kultur sekolah. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Hubberman, yakni dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kultur sekolah di SMA Negeri 3 Yogyakarta mampu memberikan kenyamanan bagi warganya. Hal tersebut ditunjukkan melalui artifak fisik yang berupa kondisi lingkungan sekolah, akses terhadap sekolah, taman, tata gedung, interior, tata ruang, alat pendukung olahraga, alat penunjang ekstrakurikuler, laboratorium, kantin sekolah, dan masjid. Artifak perilaku ditunjukkan warga sekolah melalui penampilan, keterlibatan dalam kegiatan sekolah, keterlibatan dalam upacara sekolah, dan interaksi antar warga sekolah. Sedangkan nilai dan keyakinan dilihat melalui kebanggaan terhadap sekolah, perwujudan visi dan misi sekolah, penghargaan terhadap warga sekolah, kompetisi berprestasi, inovasi yang dilakukan oleh guru, slogan, dan penerapan nilai di sekolah. Artifak fisik dan perilaku menunjukkan bahwa SMA Negeri 3 Yogyakarta memiliki kultur yang mengarah pada kultur positif. Kultur sekolah dalam mengembangkan good school melalui program sebagai berikut. (1) Penanaman budaya prestasi melalui program Gerakan Literasi Sekolah, LDMI, dan dan Padmanaba Science Expo. (2) Penanaman budaya religius dengan adanya penumbuhan budi pekerti dan pendalaman iman bagi setiap siswa sesuai dengan agamanya masing-masing. (3) Penanaman budaya disiplin dengan pembuatan tata tertib sekolah dan pemberian sanksi tegas bagi yang melanggar. (4) Penanaman budaya kebersihan dengan SEMUTLIS dan PJRC. (5) Penanaman budaya kemandirian melalui program stadium general kewirausahaan, pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, PPHP Tahun 2017, event-event sekolah lainnya.
Kata kunci: Kultur Sekolah SMA Negeri 3 Yogyakarta, Program Good School , Kultur SekolahMarfuaisya Nur Diani Marfuaisya Nur Diani2017-06-15T04:38:31Z2019-10-01T11:37:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49865This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/498652017-06-15T04:38:31ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
MAN YOGYAKARTA IIIKegiatan Praktik Penaglaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program dari Universitas Negeri Yogyakarta sebagai mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa UNY khususnya prodi kependidikan. Program tersebut bertujuan untuk tetap mempertahankan dan mengembangkan fungsi untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan profesional.
Kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya kelak sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan yang professional dan berdedikasi tinggi apabila telah menyelesaikan program studinya. Dalam kesempatan ini, mahasiswa melakukan praktik pengalaman lapangan di MAN Yogyakarta III yang beralamat di Jl. Magelang Km 4, Sinduadi, Mlati, Kab. Sleman yang dilaksanakan selama 2 bulan (15 Juli-15 September 2016)
Kegiatan PPL merupakan serangkaian kegiatan yang saling terkait satu dengan kegiatan lainnya. Adapun rangkaian tersebut adalah persiapan, pelaksanaan dan kegiatan pasca PPL. Dalam tahap persiapan kegiatan observasi pra PPL dilakukan dan adapun kegiatan yang termasuk dalam tahap ini adalah observasi sekolah dan observasi kelas. Di tahap pelaksanaan, kegiatan persiapan mengajar (fisik dan psikis), pembuatan RPP, praktik mengajar, dan pembuatan media pembelajaran, serta pelaksanaan belajar mengajar adalah kegiatan yang terkandung di dalamnya. Setelah melakukan pelaksanaan, diadakan penutupan yang berupa pembuatan laporan pelaksanaan PPL.
Kegiatan pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, berupa praktik pengembangan pembelajaran dan sumber belajar. Pengetahuan mengenai inovasi cara pengajar juga diterapkan dalam kegiatan PPL, meliputi pembuatan dan penggunaan media yang tepat dan menarik untuk peserta didik, dan penggunaan metode yang kontekstual sesuai keadaan peserta didik dan telah menerapkan Kurikulum 2013.
Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman aktual yang diperoleh dari kegiatan terpadu ini. Selain itu kegiatan ini dapat melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar sesungguhnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang ada serta memberi bekal untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Serangkaian kegiatan PPL UNY 2016 di MAN Yogyakarta III memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa maupun lembaga sekolah.Marfuaisya Nur Diani Marfuaisya Nur Diani