Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:15:10ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-05-20T00:39:10Z2019-01-29T22:30:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18856This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/188562015-05-20T00:39:10ZEVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) ANGKATAN VIII DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (BBPPKS) YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) dampak pendidikan dan pelatihan pendamping PKH angkatan VIII di BBPPKS Yogyakarta; (2) hasil pendidikan dan pelatihan pendamping PKH angkatan VIII di BBPPKS Yogyakarta; (3) proses pendidikan dan pelatihan pendamping PKH angkatan VIII di BBPPKS Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah penyelenggara diklat pendamping PKH, widyaswara diklat pendamping PKH, alumni peserta diklat pendamping PKH angkatan VIII di BBPPKS Yogyakarta, dan peserta PKH (KSM) kabupaten Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah rencana analisis, menafsirkan temuan, menarik kesimpulan, membuat rekomendasi dan pelajaran yang diperoleh. Trianggulasi sumber dan triangulasi teknik dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai sumber dan teknik dalam mencari informasi yang dibutuhkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)terdapat perubahan dalam pelaksanaan dan pendampingan PKH yang merupakan hasil dari program diklat pendamping PKH; (2) Hasil dari program diklat pendamping PKH dibagi menjadi empat kecakapan yaitu kecakapan akademik, kecakapan personal, kecakapan sosial, dan kecakapan vokasional. Hasil ini sudah mencapai tujuan dan mengarah pada dampak yang diharapkan; (3) Proses kegiatan diklat pendamping PKH angkatan VIII ini telah dilaksanakan sesuai dengan pedoman dari pusat. Kegiatan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. Selain itu, diklat pendamping PKH ini sudah ideal dan sesuai dengan standardisasi penyelenggaraan diklat. Proses diklat yang sudah dilaksanakan dengan baik, maka dapat mencapai hasil yang diharapkan.
Kata kunci: evaluasi, program diklat, pendamping PKHMareta Mareta Mega Silvia