Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:35:36ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-13T06:35:42Z2019-10-01T11:50:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36299This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/362992016-07-13T06:35:42ZLAPORAN iNDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMP N 1 MINGGIR
YOGYAKARTAPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa
untuk mengaplikasikan/menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku
perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk
mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan
bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan.
Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan
langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat
menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai
pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL
langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik
ini adalah SMP N 1 Minggir, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus 2015
hingga tanggal 12 September 2015. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar
di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah
ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan
minimal 6 kali pertemuan, namun mahasiswa dapat melakukan kegiatan pengajaran
di kelas lebih dari 6 kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam pengajaran di
kelas, antara lain observasi, demonstrasi, eksperimen, penugasan, dan tanya jawab.
Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain
gambar, video, beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Banyak
kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, diantaranya dalam
pengelolaan kelas, peserta didik sulit untuk dikendalikan karena terlalu gaduh. Akan
tetapi hal ini bukanlah merupakan hambatan yang berarti, karena memang
perkembangan anak usia SMP sedang dalam proses pubertas atau peralihan dari
masa kanak-kanak ke masa dewasa.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman
dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah.
Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan
kerja keras semua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat
tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.Mar’Atun Sholihah Mar’Atun Sholihah