Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:54:16ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-10T07:56:11Z2019-10-01T11:37:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51704This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/517042017-08-10T07:56:11ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI
SMA NEGERI 1 JOGONALANPPL memang dapat memberikan pembelajaran bagi mahasiswa secara
langsung di dunia nyata, mahasiswa akan belajar secara nyata di Sekolah.
Pengalaman belajar yang dapat menambah wawasan dan meningkatkan
keterampilan serta mengaplikasikan teori teori yang sudah dipelajari selama
kuliah. PPL yang diterjunkan disekolah berdasarkan mata pelajaran yang diminta
oleh pihak sekolah, penentuan lokasi pada tahun ini dengan memilih lokasi secara
online. hanya tersedia lokasi Sekolah yang meminta mata pelajaran. pendidikan
sosiologi yang pada akhirnya akan mengajar di SMA dengan mata pelajaran
sosiologi akan praktik secara langsung di SMA N 1 Jogonalan Klaten. dalam
proses tersebut akan belajaran secara langsung mengenai menjadi seorang guru
Sosiologi. Seorang guru tidak hanya mengajarkan materi tentang ilmu yang
dipelajari namun mengenai etika dan panutan bagi murid murid. Tingkah laku
serta kepribadian juga akan dilihat sebagai seorang guru.
Dalam pelaksanaan PPL di SMA N 1 Jogonalan mahasiswa sebelum diterjunkan
sudah melakukan observasi untuk mengetahui kondisi fisik dan non fisik yang ada
di Sekokah tersebut. non fisik dalam artian kurikulum dan aturan yang berlaku di
SMA N 1 Jogonalan dan ketersediaan sarana prasarana untuk menunjang
pembelajaran. Observasi secara umum dilakulan melihat semua kondisi yang ada
di sekolahan dan secara umum dengan guru pembimbing mata pelajaran
sosiologi. Dengan guru pembimbing mahasiswa mendapatkan banyak informasi
untuk mempersiapkan bahan pembelajaran yang akan dilakukan untuk praktik
mengajar. Pertama mahasiswa daa guru pembimbing akan melihat karakter siswa
untuk menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan. sehingga bisa
mempersiapkan materi dan bahan ajar supaya penbelajaran bisa berjalan sesuai
apa yang diharapkan.
Pelaksanaan PPL di SMA N 1 Jogonalan dimulai dari tanggal 15 Juli sampai 15
September itu banyak mengajarkan semua hal yang sering dilakukan oleh guru
dari memahami etika keguruan hingga pemahaman materi yang menjadi bekal
untuk mengajar. Dalam pelaksanaan PPL penyusun mendapat kesempatan
mengajar di kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4. Mahasiswa melakukan praktek mengajar
dikelas sama sepeeri guru yang memgampu mata pelajaran sosiologi. Hasilnya
mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan,
perangkat pembeklajaran, proses pembelajaran, pengelolaan kelas, dan mengatur
emosi bisa eemilahkan masalah pribadi dengan kesiapan untuk mengajar.Yudha Manggala