Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:50:36ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-11-28T01:06:37Z2019-01-29T17:13:10Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7768This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77682012-11-28T01:06:37ZUPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT
PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI KLODANGAN BERBAH
SLEMAN
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas
IVA SD Negeri Klodangan Berbah Sleman dengan model pembelajaran
kooperatif tipe TGT.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam
dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IVA SD Negeri Klodangan yang
berjumlah 40 siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki- laki dan 24 siswa perempuan.
Teknik pengumpulan data ini: (1) observasi guru dan siswa (2) tes. Data
kualititatif yang terkumpul dianalisis dengan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model
pembelajaran kooperatif tipe TGT yang menggunakan lima komponen utama
yaitu: (1) presentasi kelas (2) belajar kelompok (3) permainan (4) turnamen (5)
penghargaan dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar IPS.
Pada pembelajaran IPS sebelum tindakan nilai rata-rata kelasnya yaitu 55,45, pada
siklus I meningkat menjadi 16,25, dan pada siklus II menjadi 82,5. Jumlah siswa
yang tuntas belajar pada pra tindakan sebanyak 16 siswa atau 40%, pada siklus I
meningkat menjadi 27 siswa atau 67,5%, dan pada siklus II menjadi 37 siswa atau
92,5%.
Trikuntoro Mahmudi Bambang