Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:25:39ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-02T01:19:18Z2019-01-29T19:20:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13800This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/138002015-04-02T01:19:18ZIMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN INTEGRASI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SD JUARA KOTA YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi desain pembelajaran integrasi budaya dan karakter bangsa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SD Juara Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013.
Penelitian ini menggunakan pendekatan naturalistik atau pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan pada 8 November 2013 sampai tanggal 07 Desember 2013 dengan
menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dokumen dalam penelitian ini dilakukan dengan menganalisa dokumen silabus dan RPP sebagai dimensi perencanaan desain pembelajaran. Untuk mengetahui penerapan desain pembelajaran, penelitian dilakukan melalui pengamatan
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang dilakukan selama 3 (tiga) pertemuan, yaitu pada tanggal 12, 16, dan 26 November 2013. Untuk triangulasi data, maka
dilakukan wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas V, dan sebagian siswa kelas V melalui Focus Group Discussion.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penyusunan silabus dan RPP sebagai dimensi perencanaan desain pembelajaran telah dapat mengintegrasikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya penambahan
komponen Iman dan Taqwa (IMTAQ) dalam silabus dan RPP serta terdapatnya pengidentifikasian jenis kecerdasan siswa dalam RPP yang dijadikan sebagai dasar penyusunan kegiatan pembelajaran. (2) Guru telah mampu menerapkan desain pembelajaran integrasi budaya dan karakter bangsa sebagai wujud dimensi pelaksanaan atas perencanaan yang telah disusun. Hal ini terlihat dari usaha guru dalam menanamkan nilai-nilai IMTAQ melalui kegiatan refleksi yang merupakan
dasar bagi pengembangan nilai-nilai karakter secara umum. Prinsip EEK telah mampu diterapkan oleh guru walaupun tidak terencana secara terperinci dalam RPP. (3) Keanekaragaman karakter dan jenis kecerdasan siswa merupakan kendala guru dalam penyusunan desain pembelajaran integrasi budaya dan
karakter bangsa sehingga guru dituntut untuk mampu menciptakan pembelajaran yang inovatif. (4) Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan desain pembelajaran adalah terdapatnya kesenjangan penerapan nilai-nilai antara di
sekolah dan di kehidupan sehari-hari siswa sehingga sekolah mengadakan program Parenting School sebagai sarana untuk mensosialisasikan nilai-nilai.
Kata kunci: Desain pembelajaran integrasi budaya dan karakter bangsa, Ilmu
Pengetahuan AlamPratiwindyanti Mahliga