Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:08:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-13T07:59:20Z2019-03-06T00:58:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34194This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/341942016-06-13T07:59:20ZPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK FISIKA BERBASIS IDEAL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK SMAPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD berbasis IDEAL Problem Solving yang layak untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik SMA, dan (2) mengetahui besar peningkatan kemampuan kognitif peserta didik SMA yang menggunakan LKPD berbasis IDEAL Problem Solving pada sub materi fluida dinamis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP dan LKPD serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan RPP, soal tes, dan angket respon peserta didik. Tahap develop dilakukan untuk memperoleh instrumen penelitian yang sudah divalidasi dan direvisi berdasarkan komentar dan saran oleh dosen ahli dan praktisi, pelaksanaan uji lapangan terbatas, dan uji luas. Produk LKPD yang dikembangkan diujicoba di SMA N 5 Yogyakarta. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran LKPD berbasis IDEAL Problem Solving di SMA N 5 Yogyakarta dan MA Wahid Hasyim Yogyakarta. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis validitas menggunakan Content Validity Index (CVI), analisis reliabilitas menggunakan Interclass Correlation Coefficient (ICC), dan analisis peningkatan kemampuan kognitif peserta didik menggunakan standard gain <g>.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD berbasis IDEAL Problem Solving layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. LKPD berbasis IDEAL Problem Solving dengan nilai CVI sebesar 0,89 (sangat baik). Berdasarkan analisis ICC nilai koefisien alpha LKPD I 0,951 (istimewa), LKPD II 0,915 (istimewa), LKPD III 0,907 (istimewa) dan nilai korelasi antar rater pada LKPD I 0,829 (istimewa), LKPD II 0,729 (memuaskan), LKPD III 0,708 (memuaskan) serta nilai dari respon peserta didik terhadap LKPD sebesar 4,00 (baik), dan (2) besar peningkatan kemampuan kognitif peserta didik ditunjukkan oleh nilai standard gain <g> sebesar 0,77 (tinggi).
Kata-kata kunci: LKPD, IDEAL Problem Solving, kemampuan kognitif, dan fluida dinamisKhawarizmy Mahfudz