Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:31:14ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-25T07:03:06Z2019-01-30T09:54:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36910This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/369102016-07-25T07:03:06ZMAKNA PENGEMBANGAN PROFESI BAGI
GURU PENJAS SEKOLAH DASAR DI YOGYAKARTADewasa ini masih banyak guru yang belum optimal dalam melakukan
pengembangan profesi. Ada banyak hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi.
Salah satunya adalah kegiatan tersebut belum sepenuhnya bermakna bagi profesi
mereka. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dari
pengembangan profesi yang selama ini diikuti oleh guru penjas SD di Yogyakarta.
Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Partisipan dari penelitian ini adalah guru penjas SD di Yogyakarta
yang berjumlah 10 orang. Teknik pengambilan datanya dengan wawancara
mendalam-terbuka (open-ended). Disini, peneliti menggunakan panduan
wawancara terbuka, yang sudah divalidasi oleh ahli (expert judgement). Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis melalui
pendekatan fenomenologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna pengembangan profesi bagi
guru penjas Sekolah Dasar di Yogyakarta yaitu; (1) mengembangkan
keterampilan mengajar, (2) mengembangkan kreativitas, (3) mengembangkan
jaringan sosial, dan (4) memberi manfaat bagi guru. Selain itu faktor yang
mendukung pengembangan profesi yaitu dukungan dari sekolah, fasilitas yang
diberikan oleh pihak penyelenggara, dan hasil yang bermafaat bagi mereka.
Faktor yang menghambat tercapainya pengembangan profesi yaitu pembagian
waktu yang tidak sesuai antara teori dan praktek, fasilitas yang kurang memadai
di sekolah, serta peserta yang tidak fokus pada pembicara. Hal tersebut
menyebabkan ketidakefektifan kegiatan PKB.Maharani Cyntia Desi