Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:12:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2022-02-04T06:26:23Z2022-02-04T06:26:23Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72121This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/721212022-02-04T06:26:23ZPengembangan Komik Fisika melalui Indigenous Permainan Benthik Berbantuan Android dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Vektor dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan komik fisika melalui indigenous permainan benthik berbantuan android dengan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan representasi vektor dan berpikir kritis yang layak untuk pelajaran fisika peserta didik SMA; (2) mendeskripsikan keefektifan komik fisika melalui indigenous permainan benthik berbantuan android dengan model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan representasi vektor. Materi yang digunakan didasarkan pada permainan benthik yang mengacu pada materi gerak parabola.
Metode penelitian ini menggunakan 4-D model dengan empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Lembar instrumen penelitian dinilai oleh dosen ahli sebelum digunakan untuk memvalidasi produk. Validasi produk dilakukan oleh seorang ahli materi fisika dan seorang ahli media pembelajaran, tiga orang guru fisika dan 2 teman sejawat. Subjek penelitian adalah 9 peserta didik kelas XI MIPA SMA di Sleman Tahun Ajaran 2019/2020 untuk uji coba terbatas, 60 peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Mlati Tahun Ajaran 2019/2020 untuk uji coba lapangan. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan non-tes. Instrumen tes meliputi pretest dan posttest. Instrumen non-tes meliputi penilaian produk dan materi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis N-Gain, uji statistik multivariat Hotelling’s Trace dan analisis effect size.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan media pembelajaran berupa komik fisika melalui indigenous permainan benthik berbantuan android dengan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan representasi vektor dan berpikir kritis peserta didik yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi gerak parabola dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli, guru, dan teman sejawat; dan (2) penggunaan media komik fisika melalui indigenous permainan benthik berbantuan android dapat meningkatkan kemampuan representasi vektor dan berpikir kritis peserta didik berdasarkan analisis effect size dengan nilai Cohen’s f masing-masing sebesar 0,46 dan 0,57 dengan interpretasi large effect size.Anissa MaghfirohHeru Kuswanto2017-04-26T07:45:52Z2019-01-30T13:59:19Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48901This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/489012017-04-26T07:45:52ZPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS SCIENTIFIC INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI FLUIDA DINAMIS PESERTA DIDIK SMAPenelitian ini bertujuan untuk: 1) memperoleh produk instrumen berupa LKPD berbasis Scientific Investigation yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika materi ajar Fluida Dinamis di SMA kelas XI semester 2, 2) mengetahui ketercapaian peserta didik dalam menggunakan LKPD berbasis Scientific Investigation untuk meningkatakan keterampilan proses sains yang dikembangkan pada materi Fluida Dinamis di SMA kelas XI semester 2.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang dilaksanakan dalam 5 tahap, yaitu: tahap menganalisis (analyze), mendesain (design), mengembangkan (develop), mengimplementasikan (implement), dan mengevaluasi (evaluate). LKPD divalidasi oleh dosen ahli dan guru fisika dan diujikan awal ke kelas XI MIA 1 dengan jumlah 15 peserta didik dan setelah LKPD direvisi kemudian diujikan ke kelas XI MIA 1 dengan jumlah 32 peserta didik di SMA Negeri 1 Seyegan untuk diidentifikasi keterpakaiannya. Data dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah 1) LKPD berbasis Scientific Investigation hasil pengembangan layak digunakan dalam pembelajaran fluida dinamis bagi peserta didik SMA kelas XI berdasarkan validasi dari ahli pada aspek penilaian didaktif, aspek konstruksi, dan aspek teknis memiliki validitas isi yang baik; 2) persentase ketercapaian peserta didik dalam melaksanakan serangkaian keterampilan proses sains kemampuan dalam menyusun hipotesis (83,3%), mengidentifikasi variabel (91,6%), menentukan alat dan bahan (83,3%), menuliskan data percobaan (68,8%), menganalisis data dan grafik (72,2%), menginterpretasi data (77,1%), dan membuat kesimpulan (91,6%). Berdasarkan persentase ketercapaian peserta didik dalam mengerjakan soal pretest 36,5% termasuk dalam kategori tidak baik dan posttest 72,0% termasuk dalam kategori cukup baik, sehingga dapat dihitung peningkatan ketercapaian kompetensi peserta didik dengan teknik N-Gain 0,6 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hal ini maka LKPD yang dikembangkan keterpakaiannya baik.
Kata Kunci: lembar kerja peserta didik, keterampilan proses sains, scientific investigationAnissa MaghfirohSukardiyono Sukardiyono