Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T10:07:23ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-08-10T10:33:45Z2015-08-10T10:33:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24639This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/246392015-08-10T10:33:45ZRUJUKAN INTEGRATIF BAGI PENGEMBANGAN
MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASARPenelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan strategis bangsa dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang terkait dengan pembinaan karakter bangsa. Setelah dilakukan metaanalisis terhadap hasil-hasil penelitian di berbagai Perguruan Tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya berkenaan dengan nilai-nilai karakter dan telah diperoleh informasi tentang; aspek why sebagai rujukan normatif berupa tujuan utuh pendidikan karakter, dan aspek how sebagai rujukan prosedural pelaksanaan pendidikan karakter, aspek when sebagai rujukan kontekstual pengambilan keputusan tindakan pembelajaran nilai-nilai karakter. Penelitian tahun II ini untuk Mengembangkan Paket Media Modul Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter bagi siswa SD melalui metode penelitian dan pengembangan.
Penelitian ini secara keseluruhan diprogramkan selama 3 tahun. Penelitian tahun I ini telah dilakukan sebagai penelitian deskriptif dengan strategi content analysis. Unit sampling adalah dokumen hasil-hasil penelitian yang relevan dengan nilai-nilai karakter yang dihasilkan oleh PT-PT di DIY dan sekitarnya. Analisis isi terdiri dari tiga langkah yaitu pembentukan data, penarikan inferensi, dan analisis. Pembentukan data (data making) dilakukan melalui; 1) unitisasi (unitizing), 2) penentuan sampel (sampling plan), dan 3) sistem pencatatan (recording). Unitiasi (unitizing) didasarkan pada 3 aspek yaitu, why, how, dan when berkenaan dengan pendidikan nilai karakter. Penentuan sampel (sampling plan) didasarkan pada unit-unit dan sub unit analisis, sedangkan sistem pencatatan (recording) berupa pengkodean yang dideskripsikan dalam bentuk data untuk dianalisis
Hasilnya menunjukkan bahwa ada kecenderungan sebagai berikut; 1). Pancasila dan budaya mulai jarang dipergunakan sebagai rujukan normatif pendidikan karakter. Dominasi tertinggi oleh agama (60%) dan tujuan pendidikan nasional (25%), budaya (10%), dan Pancasila (5%) 2). Rujukan prosedural praktek pendidikan karakter menonjol dilaksanakan dalam bentuk doktrin (45%), pembiasaan (37%), keteladanan/pemodelan (11%), pengembangan suasana iklim (5%), pengembangan penalaran dan perasaan (4%), dan partisipatif/kolaboratif (1%). 3). Rujukan kontekstual didominasi berturut-turut oleh pengkondisian lingkungan sekolah /iklim sekolah (56%), program khusus (24%), kegiatan keluar sekolah (live in) (13%), kerjasama orangtua (4%), dan upaya preventif (asas pengendali) (3%).Niron MDBudiningsih C AsriM.Pd Pujiriyanto2015-08-10T10:31:43Z2015-08-10T10:31:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24638This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/246382015-08-10T10:31:43ZRUJUKAN INTEGRATIF BAGI PENGEMBANGAN
MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASARPenelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan strategis bangsa dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang terkait dengan pembinaan karakter bangsa. Setelah dilakukan metaanalisis terhadap hasil-hasil penelitian di berbagai Perguruan Tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya berkenaan dengan nilai-nilai karakter dan telah diperoleh informasi tentang; aspek why sebagai rujukan normatif berupa tujuan utuh pendidikan karakter, dan aspek how sebagai rujukan prosedural pelaksanaan pendidikan karakter, aspek when sebagai rujukan kontekstual pengambilan keputusan tindakan pembelajaran nilai-nilai karakter. Penelitian tahun II ini untuk Mengembangkan Paket Media Modul Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter bagi siswa SD melalui metode penelitian dan pengembangan.
Penelitian ini secara keseluruhan diprogramkan selama 3 tahun. Penelitian tahun I ini telah dilakukan sebagai penelitian deskriptif dengan strategi content analysis. Unit sampling adalah dokumen hasil-hasil penelitian yang relevan dengan nilai-nilai karakter yang dihasilkan oleh PT-PT di DIY dan sekitarnya. Analisis isi terdiri dari tiga langkah yaitu pembentukan data, penarikan inferensi, dan analisis. Pembentukan data (data making) dilakukan melalui; 1) unitisasi (unitizing), 2) penentuan sampel (sampling plan), dan 3) sistem pencatatan (recording). Unitiasi (unitizing) didasarkan pada 3 aspek yaitu, why, how, dan when berkenaan dengan pendidikan nilai karakter. Penentuan sampel (sampling plan) didasarkan pada unit-unit dan sub unit analisis, sedangkan sistem pencatatan (recording) berupa pengkodean yang dideskripsikan dalam bentuk data untuk dianalisis
Hasilnya menunjukkan bahwa ada kecenderungan sebagai berikut; 1). Pancasila dan budaya mulai jarang dipergunakan sebagai rujukan normatif pendidikan karakter. Dominasi tertinggi oleh agama (60%) dan tujuan pendidikan nasional (25%), budaya (10%), dan Pancasila (5%) 2). Rujukan prosedural praktek pendidikan karakter menonjol dilaksanakan dalam bentuk doktrin (45%), pembiasaan (37%), keteladanan/pemodelan (11%), pengembangan suasana iklim (5%), pengembangan penalaran dan perasaan (4%), dan partisipatif/kolaboratif (1%). 3). Rujukan kontekstual didominasi berturut-turut oleh pengkondisian lingkungan sekolah /iklim sekolah (56%), program khusus (24%), kegiatan keluar sekolah (live in) (13%), kerjasama orangtua (4%), dan upaya preventif (asas pengendali) (3%).Niron MDBudiningsih C AsriM.Pd Pujiriyanto2015-07-14T07:41:37Z2015-07-14T07:41:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23529This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/235292015-07-14T07:41:37ZPENGEMBANGAN MEDIA MODUL SEBAGAI
RUJUKAN PENDIDIKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI SEKOLAH DASARPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan paket modul pendidikan karakter di SD. Pengembangan modul menggunakan pendekatan kognitif-struktural dialogal-komunikatif dalam interaksi nilai, sehingga nilai karakter anak berkembang secara bertahap menuju terbentuknya nilai yang otonom. Jenis penelitian pengembangan (R & D) ini dilakukan di SD-SD di Yogyakarta. Subyek penelitian meliputi ahli materi, ahli media, guru dan siswa SD. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, seminar, dan observasi.
Telah dihasilkan 5 modul pendidikan nilai karakter di SD meliputi nilai ”Persatuan”, ”Keadilan”, “Kejujuran”, “Kepedulian”, dan “Kemanusiaan”. Pengembangan modul melalui langkah-langkah: (a) penelitian pendahuluan, (b) perencanaan, (c) mengembangkan draf, (d) uji ahli dan uji pengguna, (e) uji lapangan permulaan, (f) uji lapangan utama. Hasil penelitian menunjukkan modul dalam kategori baik.Budiningsih C AsriM.Pd PujiriyantoNiron MD2015-07-14T07:38:54Z2015-07-14T07:38:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23527This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/235272015-07-14T07:38:54ZPENGEMBANGAN MEDIA MODUL SEBAGAI
RUJUKAN PENDIDIKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI SEKOLAH DASARPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan paket modul pendidikan karakter di SD. Pengembangan modul menggunakan pendekatan kognitif-struktural dialogal-komunikatif dalam interaksi nilai, sehingga nilai karakter anak berkembang secara bertahap menuju terbentuknya nilai yang otonom. Jenis penelitian pengembangan (R & D) ini dilakukan di SD-SD di Yogyakarta. Subyek penelitian meliputi ahli materi, ahli media, guru dan siswa SD. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, seminar, dan observasi.
Telah dihasilkan 5 modul pendidikan nilai karakter di SD meliputi nilai ”Persatuan”, ”Keadilan”, “Kejujuran”, “Kepedulian”, dan “Kemanusiaan”. Pengembangan modul melalui langkah-langkah: (a) penelitian pendahuluan, (b) perencanaan, (c) mengembangkan draf, (d) uji ahli dan uji pengguna, (e) uji lapangan permulaan, (f) uji lapangan utama. Hasil penelitian menunjukkan modul dalam kategori baik.Budiningsih C AsriM.Pd PujiriyantoNiron MD2015-06-13T05:19:08Z2015-06-16T06:35:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20506This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/205062015-06-13T05:19:08ZPENGEMBANGAN MEDIA MODUL DAN MULTIMEDIA
PEMBELAJARAN UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER DI SDPENGEMBANGAN MEDIA MODUL DA NMULTIMEDIA
PEMBELAJARAN UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER DI SD
RINGKASAN
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pendidikan karakter di SD.
Pengembangan multimedia menggunakan pendekatan kognitif-struktural dialogal komunikatif dalam interaksi nilai,sehingga nilai karakter anak berkembang secara
bertahap menuju terbentuknya nilai yang otonom. Jenis penelitian pengembangan(R&D) ini dilakukan di SD-SD di Yogyakarta, dengan langkah-langkah pengembangan ;1) penelitian pendahuluan, 2)perencanaan pembelajaran, 3)pengembangan draf, 4)uji ahli,
5)uji pengguna lapangan permulaan, 6)uji pengguna lapangan utama. Subyek penelitian meliputi ahlim ateri, ahli media,guru dan peserta didik SD. Pengumpulan data
menggunakan wawancara,angket,observasi dan seminar.
Hasil penelitian telah dihasilkan 5 tema multimedia pendidikan nilai karakter di SD meliputi nilai “Persatuan, “Keadilan”,“Kejujuran”,“Kepedulian”,dan“Kemanusiaan”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia dalam kategori baik.Budiningsih C AsriNiron MDRiyanto PujiMuhtadi Ali