Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:26:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-25T02:05:49Z2019-10-01T12:02:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37245This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/372452016-07-25T02:05:49ZLAPORAN AKHIR
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SD NEGERI GEDONGKIWO
YOGYAKARTAPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang pada tahun 2014 ini
dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yakni bersamaan dengan
program KKN dilaksanakan pada bulan Juli-September 2014. Program PPL
merupakan program terpadu yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta
dan merupakan suatu hal yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa jurusan ilmu
pendidikan di UNY. Program memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY
untuk mengembangkan kemampuannya dalam bidang pendidikan dalam hal ini
kepada masyarakat di lingkungan sekolah. Tujuan dari progran PPL adalah untuk
memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan
pembelajaran di sekolah, memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka
melatih dan mengembangkan kompetensi profesionalismenya dalam bidang
keguruan atau pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk
mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala
permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk
menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses
pembelajaran. Selain itu program PPL juga merupakan salah satu wujud Tri
Dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat.
Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan,
pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah
dan penyusunan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar 10
kali ditambah dengan ujian 2 kali. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
SD Negeri Gedongkiwo adalah salah satu SD yang bekerja sama dengan
UNY yang digunakan untuk menjadi salah satu lokasi PPL pada tahun 2014.
Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar sebanyak 10 kali
diantaranya 8 kali praktik mengajar terbimbing dan 2 kali praktik mengajar mandiri
yang dilaksanakan mulai tanggal 8 Agustus 2014 sampai dengan 2 september serta
dilaksanakannya ujian praktik mengajar dua kali yang dilaksanakan pada tanggal 3
September 2014 dan 6 September 2014. Praktik mengajar ini meliputi pembuatan
rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran,
dan evaluasi pembelajaran.
viii
Pelaksanaan program PPL di SD N Gedongkiwo berjalan dengan baik.
Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti ada beberapa kali
jadwal mengajar yang tidak sesuai dengan waktu perencanaan, akan tetapi dengan
kerja sama yang solid antara para mahasiswa PPL sehingga dapat mengatasi
permasalahan yang ada. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah
sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut.MARLIA MARLIA2016-07-22T07:31:08Z2019-10-01T12:02:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37205This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/372052016-07-22T07:31:08ZLAPORAN AKHIR
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SD NEGERI GEDONGKIWO
YOGYAKARTAPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang pada tahun 2014 ini
dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yakni bersamaan dengan
program KKN dilaksanakan pada bulan Juli-September 2014. Program PPL
merupakan program terpadu yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta
dan merupakan suatu hal yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa jurusan ilmu
pendidikan di UNY. Program memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY
untuk mengembangkan kemampuannya dalam bidang pendidikan dalam hal ini
kepada masyarakat di lingkungan sekolah. Tujuan dari progran PPL adalah untuk
memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan
pembelajaran di sekolah, memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka
melatih dan mengembangkan kompetensi profesionalismenya dalam bidang
keguruan atau pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk
mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala
permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk
menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses
pembelajaran. Selain itu program PPL juga merupakan salah satu wujud Tri
Dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat.
Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan,
pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah
dan penyusunan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar 10
kali ditambah dengan ujian 2 kali. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
SD Negeri Gedongkiwo adalah salah satu SD yang bekerja sama dengan
UNY yang digunakan untuk menjadi salah satu lokasi PPL pada tahun 2014.
Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar sebanyak 10 kali
diantaranya 8 kali praktik mengajar terbimbing dan 2 kali praktik mengajar mandiri
yang dilaksanakan mulai tanggal 8 Agustus 2014 sampai dengan 2 september serta
dilaksanakannya ujian praktik mengajar dua kali yang dilaksanakan pada tanggal 3
September 2014 dan 6 September 2014. Praktik mengajar ini meliputi pembuatan
rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran,
dan evaluasi pembelajaran.
viii
Pelaksanaan program PPL di SD N Gedongkiwo berjalan dengan baik.
Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti ada beberapa kali
jadwal mengajar yang tidak sesuai dengan waktu perencanaan, akan tetapi dengan
kerja sama yang solid antara para mahasiswa PPL sehingga dapat mengatasi
permasalahan yang ada. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah
sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut.MARLIA MARLIA