Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:48:59ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-01-27T02:22:56Z2019-01-30T06:07:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29319This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/293192016-01-27T02:22:56ZPENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK
MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR
OTOMOTIF SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTAPENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK
MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR
OTOMOTIF SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA
Oleh:
MAIWAN PUTRA KIHANGGARA
08504244027
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan
untuk: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar
Otomotif (DDO) dengan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams
Achievement Divisions (STAD) di SMK Piri 1 Yogyakarta; (2) meningkatkan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Otomotif (DDO) dengan
metode pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions
(STAD) di SMK Piri 1 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, metode pembelajaran
yang digunakan adalah dengan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Student
Teams Achievement Divisions (STAD). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas 1 Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 2 di SMK Piri 1 Yogyakarta yang
berjumlah 30 siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun
ajaran 2013/2014. Penelitian dilakukan dengan beberapa siklus. Setiap siklus yang
dilakukan terdiri dari 4 tahapan yaitu; (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan tindakan;
(3) Pengamatan; (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data tentang kegiatan guru
dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Otomotif (DDO)
menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi. Hasil obsevasi
keaktifan siswa dihitung persentasenya dengan membandingkan jumlah siswa
yang beraktivitas dengan jumlah seluruh siswa dan jumlah aktivitas siswa. Untuk
mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa menggunakan tes tertulis berupa
postest pada tiap siklus. Hasil tes tiap siklus dihitung rata-rata dan ketuntasan
hasil belajar sesuai dengan KKM, kemudian membandingkan hasil tiap siklusnya.
Penelitian tindakan selesai setelah jumlah siswa yang tuntas belajar ≥ 75%.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode
pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)
memberikan peningkatan terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran Dasar-Dasar Otomotif (DDO). Hal ini dilihat dari peningkatan rata-rata
nilai postest; nilai rata-rata pada siklus I sebesar 7,0 dengan ketuntasan belajar
sebesar 29,17% dan persentase aktifitas 42,36%; pada siklus II nilai rata-rata
sebesar 7,5 dengan ketuntasan belajar 48,15% dan persentase aktifitas 59,26%;
dan pada siklus III nilai rata-rata 8,0 dengan ketuntasan belajarnya 79,31% serta
persentase aktifitasnya 66,67%. Peningkatan tersebut telah memenuhi KKM dan
ketuntasan belajar yang telah ditentukan.
Kata kunci : PTK, metode STAD, keaktifan belajar, prestasi belajar.PUTRA KIHANGGARA MAIWAN