Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:06:04ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-13T01:08:30Z2019-10-01T11:50:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30934This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/309342016-04-13T01:08:30ZKEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMKN 1 BANTULPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib
ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan yang bertujuan untuk melatih
mahasiswa agar memiliki pengalaman secara nyata dalam memahami kegiatan guru
di sekolah yang meliputi praktik mengajar maupun praktik non mengajar. Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) dipandang mampu memberikan penguatan ilmu
akademisnya dilapangan. PPL dipandang mampu memberikan penguatan ilmu atas
teori yang dimiliki mahasiswa sehingga selaras dengan praktik-praktik nyata bidang
pendidikan. Dalam rangka memperlancar pelaksanaan program kerja Praktik
Pengaalaman Lapangan (PPL), mahasiswa harus memahami situasi dan kondisi
sekolah yang akan menjadi tempat praktiknya. Oleh karena itu mahasiswa melakukan
observasi pembelajaran di kelas dan observasi peserta didik dan observasi kondisi
sekolah/lembaga. Dalam obsevasi pembelajaran di kelas dan observasi peserta didik
terdapat beberapa aspek yang diamati antara lain: perangkat pembelajaran, proses
pembelajaran, dan perilaku siswa. Aspek yang diamati dalam observasi kondisi
sekolah antara lain: kondisi fisik sekolah, potensi siswa dan guru, fasilitas KBM,
perpustakaan, laboratorium, ekstrakurikuler, dan sebagainya.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai dari perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi program. Program kerja atau kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan
(PPL) meliputi observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, mencari materi
pembelajaran, mempelajari materi pembelajaran, menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), membuat media pembelajaran, praktik mengajar di kelas,
menyususn alat evaluasi, mengevaluasi tugas siswa, membantu membuat administrasi
guru, piket sekolah, bimbingan/monitoring dengan Dosen Pembimbing Lapangan
(DPL), penyusunan laporan Praktik Pengalaman Lapangan. Terdapat dua kategori
dalam pelaksanaan praktik mengajar di kelas oleh mahasiswa yaitu praktik mengajar
terbimbing dan praktik mengajar mandiri. Hal-hal yang menjadi perhatian dalam
proses pembelajaran antara lain: membuka pelajaran, penyajian materi, metode
pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siswa,
teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk dan cara evaluasi, dan menutup
pelajaran. Selama masa Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa mendapatkan
bimbingan, monitoring, dan evaluasi dari guru pembimbing dan Dosen Pembimbing
Lapangan (DPL).
Pelaksanaan program PPL memberikan manfaat bagi mahasiswa praktikan
diantaranya: menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswa tentang proses
pendidikan dan pembelajaran yang diselenggarakan disekolah: memperoleh
pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan tentang cara berfikir, cara bekerja, tugas
dan tanggung jawab seorang pendidik sehingga dapat memahami adanya keterkaitan
ilmu dalam mengatasi masalah pembelajaran yang dilaksanakan serta meningkatkan
keterampilan membuat perangkat pembelajaran, pemilihan metode, pembuatan
media, pemahaman karakteristik peserta didik sampai dengan pelaksanaan evaluasi
belajar. Meskipun dalam pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
terkadang ditemukan ketidaksesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan, namun
program kerja Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Negeri 1 Bantul tetap
dapat berjalan dengan baik.
Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMK Negeri 1 BantulMAIKANINGRUM MAIKANINGRUM