Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:10:28ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-05T02:10:01Z2019-10-01T11:37:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45470This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/454702017-01-05T02:10:01ZLAPORAN PPL
SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN
Mrican, Caturtunggal, Depok, SlemanPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian dari satu
agenda yang rutin dilaksanakan UNY setiap tahunnya. PPL merupakan proses
implementasi ilmu keguruan yang telah didapatkan dari bangku kuliah ke dalam
kelas secara nyata. Mahasiswa praktikan dihadapkan langsung dengan
lingkungan pendidikan SMK. Kegiatan PPL bertujuan untuk membentuk
seorang calon pendidik yang profesional. Mahasiswa praktikan harus
mengetahui proses mempersiapkan administrasi pendidik, cara mengajar yang
baik, pendekatan pembelajaran yang baik, model pembelajaran yang baik,
metode pembelajaran yang tepat, serta proses evaluasi dan analisis hasil yang
baik.
Kegiatan PPL dimulai dengan kegiatan persiapan yang meliputi:
pengajaran mikro di kampus, pembekalan PPL, observasi kelas, koordinasi
dengan pembimbing di SMK dan pembuatan persiapan mengajar. Setelah
semua persiapan selesai barulah kegiatan praktik bisa dilaksanakan. Dalam
pelaksanaan praktik mengajar mahasiswa praktikan juga dtuntut untuk bisa
melakukan evaluasi dan analisis hasil belajar siswa. Kurikulum yang digunakan
untuk kelas XII SMK N 2 Depok adalah kurikulum 2013 dengan pendekatan
pembelajaran scientific. Implementasi pendekatan ini meliputi tahap menggali
informasi melalui pengamatan, bertanya dan mencoba. Kemudian proses
berlanjut dengan mengolah data atau informasi, menyajikan data atau informasi.
Proses diakhiri dengan menganalisis, menalar, dan menyimpulkan materi.
Pembelajaran Pemesinan Frais Komplek menerapkan model pembelajaran
Cooperative Learning yang berbasis pada teori belajar kognitif dan teori belajar
sosial. Metode yang sering digunakan adalah penugasan, diskusi, tanya jawab
dan demonstrasi.
Proses pembelajaran berjalan sesuai perencanaan awal. Pendekatan,
model serta metode pembelajaran dapat diterapkan dengan beberapa
penyesuaian. Dalam pembelajaran Pemesinan Frais Komplek hasil yang dicapai
dari penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dengan metode
demonstrasi adalah daya serap siswa rata-rata XII TP A adalah 76%.MADE AGUS MAHARDIAWAN MADE AGUS MAHARDIAWAN