Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:55:12ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-03T02:38:20Z2019-01-29T17:21:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8041This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80412012-12-03T02:38:20ZIMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen
berbasis sekolah (MBS) di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang ditunjukkan
dengan prinsip-prinsip MBS meliputi kemandirian, kerjasama/kemitraan,
partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas sekolah.
Penelitian ini adalah penelitian non-eksperimental kuantitatif dengan
metode pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil
Kepala Sekolah, guru, kepala TU, bendahara, dan komite sekolah. Pengumpulan
data menggunakan multi-metode yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi.
Analsis data angket diperoleh dari 98 responden dengan menggunakan statistik
deskriptif. Analisis data wawancara melalui reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Analisis dokumen dalam bentuk studi dokumen untuk
melengkapi atau mendukung data angket dan wawancara. Uji validitas instrumen
dilakukan melalui penilaian para ahli (Experts Judgement).
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa impelementasi
manajemen berbasis sekolah di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada kategori
baik yang ditunjukkan dengan; (1) kemandirian sekolah sudah berjalan baik, yaitu
program sekolah dikembangkan atas inisiatif warga sekolah sendiri sesuai dengan
potensi dan kebutuahan sekolah serta terdapat usaha dan kegiatan sekolah dalam
penggalian dana dengan memanfaatkan potensi sumber daya sekolah dengan
mendirikan unit produksi dan jasa sekolah; (2) kerjasama sekolah yaitu kerjasama
antar warga sekolah dan dengan pihak luar sekolah terjalin dengan baik, sekolah
memiliki perjanjian kerjasama (MoU) dengan 7 (tujuh) Du/Di dari tahun 2006-
2014; (3) bentuk partisipasi stakeholders (pemerintah, masyarakat, dan warga
sekolah) yaitu berupa dukungan dana, dukungan material/fasilitas, dukungan
pemikiran, dan dukungan tenaga pada kategori baik; (4) keterbukaan sekolah
sudah berjalan dengan baik, yaitu program dan keuangan sekolah dirumuskan
bersama dengan melibatkan warga sekolah dan komite sekolah. Sekolah membuat
media/wadah komunikasi dan informasi terhadap program dan keuangan sekolah
dalam bentuk komunikasi langsung, papan pengumuman, website sekolah,
maupun laporan kegiatan; dan (5) akuntabilitas sekolah sudah berjalan dengan
baik karena sekolah telah memberikan pertanggungjawaban proses dan hasil
pelaksanaan program maupun keuangan sekolah kepada warga sekolah, komite
sekolah, yayasan, dan pemerintah. Sekolah membentuk mekanisme
pertanggungjawaban melalui pelaporan yang disampaikan dalam pertemuan rapat
dengan warga sekolah, komite sekolah, yayasan, dan pemerintah.
Kata kunci: Implementasi, Manajemen Berbasis Sekolah, SMK Muhammadiyah.ALFARISI M. ALFAN