Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:07:11ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-05-27T02:16:35Z2019-01-29T22:53:16Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19504This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/195042015-05-27T02:16:35ZPenerapanPembelajaranStudentTeamsAchievementDivisionDenganLembarKerjaSiswaDalamUpayaMeningkatkanMotivasiBerprestasiSiswadiSMKMuammadiyah3YogyakartaPenerapanPembelajaranStudentTeamsAchievementDivisionDenganLembarKerjaSiswaDalamUpayaMeningkatkanMotivasiBerprestasiSiswadiSMKMuammadiyah3Yogyakarta
Oleh:M.AbikusnoC
ABSTRAK
PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanprosespembelajaranuntukmeningkatanmotivasiberprestasisiswaProgramKeahlianTeknikOtomotfKompetensiKeahlianTeknikMekanikOtomotifSMKMuhammadiyah3Yogyakartapadastandarkompetensiteorimemelihara/servissistembahanbakarbensinmelaluipenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeStudentTeamsAchievementDivision(STAD).
Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelas(PTK),padaprosesnyamenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.ObjekpenelitianiniadalahsiswakelasXITMO4diSMKMuhammadiyah3Yogyakartadengan28siswa.Sistematikapelaksanaanpenelitianinimenerapkan3siklus.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapan,yaituplanning,acting,observingdanreflecting.Planningberdasarkanstudipendahuluan,yaitudenganmengelompokkansiswa,memberikesempatansiswauntukberdiskusidanmemastikansetiapindividuanggotakelompokmenguasaimateri.ObservingmotivasiberprestasisiswamelaluiobservasilangsungkedalamkelaspadasaatpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADberlansungsedangkanhasilbelajarbelajarsiswadiukurdenganmelaksanakanpretestpadaawalpertemuandanmengadakanposttestpadaakhirpertemuan.Reflectingdilakukandenganmengevaluasikekurangandaritiap-tiapsiklusuntukperbaikanpadaperencanaanpelaksanaansiklusberikutnya.
Datadianalisisdengantekniktriangulasiyaitudengancaramembandingkandataobservasiwawancaragurudenganhasilpelaksanaanmelaluitahapaneduksi,paparandatadanpenyimpulan.HasilpenelitianmenunjukkanpeningkatanmotivasiberprestasiyangdilihatdaripeningkatanangkakeaktifanpositifpadasiklusI:32,31%;siklusII:48,00%;danpadasiklusIIImenjadi60,38%sertaangkakeaktifannegatifsiswapadasiklusI:42,31%;siklusII:27,20%;dansiklusIIImenjadi14,62%.Sedangkanhasilbelajarsaatobservasi5,75;siklusIsebesar6,36;siklusIIsebesar6,69dansiklusIIIsebesar7,23.Jadisemakinmeningkatnyamotivasiberprestasisiswaakansemakinmeningkatpulahasilbelajarsiswa.Kat
akunci:PTK,pembelajarankooperatifSTADM.Abikusno C M.Abikusno C