Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:00:29ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-12T03:43:25Z2019-10-01T11:49:59Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36105This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/361052016-07-12T03:43:25ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015
LOKASI SMA NEGERI 1 NGAGLIK
Jalan Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, SlemanPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta
merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan.
Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu
yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan
kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu
yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan.
Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai
proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan
sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan,
dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik.
SMA N 1 Ngaglik berlokasi di Dusun Kayunan, Kelurahan Donoharjo,
Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, merupakan salah satu sekolah yang berada
di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Program PPL di SMA N 1
Ngaglik dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015.
Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan
pelaksanaan.
Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan
pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran
di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali
pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas
sebanyak 9 kali untuk 2 kelas. yaitu kelas XII IPA 2 dan XII IPS 2. Metode yang
digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, ceramah,
permainan, dan cooperative learning. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran
digunakan beberapa media, antara lain media kartu untuk bermain dan gambar.
Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang
bersifat intern maupun ekstern, di antaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit
untuk dikendalikan, karena peserta didik sangat aktif dan antusias dalam bermain
sehingga segera melakukan permainan tanpa memperhatikan petunjuk dari guru.
Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMA memang dalam
perkembangan seperti itu, dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang
lebih baik.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan
gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah.
Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya
program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini
diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.
Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi
mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut
berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah
tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan
mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY
diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan
pendidikan Indonesia.Lutfiana Mukminatul Fauziah Lutfiana Mukminatul Fauziah